IPB University

Mahasiswa IPB University Ciptakan Shampo dari Sabut Kelapa, Ampuh Hilangkan Ketombe

Senyawa dari sabut kelapa dan lidah buaya pada sampo buatan mahasiswa IPB University, dapat menghilangkan ketombe dan menunjang pertumbuhan rambut.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Demi mengurangi limbah sabut kelapa, mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) IPB University membuat inovasi dengan mengelola limbah sabut kelapa menjadi suatu produk yang bermanfaat yaitu Colovera. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah.

Salah satunya adalah sumberdaya alam berupa pohon kelapa. Masyarakat umumnya hanya mengambil air atau daging dari buah kelapa untuk dikonsumsi dan dijual.

Akan tetapi bagian lainnya seperti sabut kelapa biasanya dibuang begitu saja ke lingkungan yang berakhir menjadi limbah.

“Limbah sabut kelapa yang terus menumpuk dan tidak dikelola akan berdampak buruk bagi lingkungan,” ujar M Fajar Al Rafi, mahasiswa IPB University.

Demi mengurangi limbah sabut kelapa, mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) IPB University membuat inovasi dengan mengelola limbah sabut kelapa menjadi suatu produk yang bermanfaat yaitu Colovera.

“Sesuai namanya Colovera merupakan shampo yang berasal dari Coconut husk dan Aloe vera,” jelasnya.

Pada Colovera, lanjutnya, sabut kelapa akan diambil senyawa aktifnya dengan cara ekstraksi.

Senyawa tersebut dapat menghilangkan ketombe dan pada lidah buaya terdapat senyawa yang dapat menunjang pertumbuhan rambut.

“Sehingga kedua bahan ini cocok dibuat untuk shampo. Shampo dibuat berbentuk padat seperti bola, sehingga terlihat unik dan lebih efisien dalam pemakaiannya,” imbuhnya.

Ia berharap Colovera menjadi solusi untuk mengurangi limbah sabut kelapa dan dapat bermanfaat bagi masyarakat umum dalam bentuk produk berupa shampo.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved