IPB University

Bantu Hijaukan Lingkungan, Mahasiswa IPB University Sebar 1100 Bibit Tanaman untuk Warga Batuhulung

Hal yang mendorong mahasiswa IPB University melakukan gerakan ini, adalah karena kurangnya lahan hijau yang tersedia di Batuhulung Bogor.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University melaksanakan serah terima 1100 polybag tanaman kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari Alam di Batuhulung, Kelurahan Balumbang Jaya, Bogor, Jawa Barat 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University melaksanakan serah terima 1100 polybag tanaman kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari Alam di Batuhulung, Kelurahan Balumbang Jaya, Bogor, Jawa Barat.

Nantinya tanaman tersebut akan disebarkan ke masing-masing rumah warga.

Aulia Bintang, salah satu mahasiswa IPB University mengungkapkan, kegiatan ini menjadi bagian dari Gerakan Penghijauan dalam program KKN-T di Batuhulung.

Hal yang mendorong munculnya gerakan ini, kata dia, adalah kurangnya lahan hijau yang tersedia, sehingga diperlukan aksi penghijauan meskipun hanya sekedar di pekarangan rumah warga saja.

“Tanaman yang diberikan antara lain bibit sayur seperti tomat, cabai, sawi hijau, jagung dan kangkung. Tanaman tersebut berasal dari bibit-bibit produk dari IPB University yang oleh mahasiswa disemai serta dirawat setiap harinya di dalam rumah kaca milik Kelompok Wanita Tani  (KWT) Lestari Alam,” ujar Aulia.

Hasil penyemaian tersebut, lanjut dia, membuahkan hasil yang baik dengan menghasilkan hingga 600 polybag berisi tanaman sayur yang siap untuk dibagikan untuk warga di RW 02 Batuhulung.

Bantuan dari KWT Lestari Alam alam juga berperan andil dalam menyukseskan penyemaian tanaman sayur. 

“Selain tanaman sayur, mahasiswa IPB University juga berhasil menjalin kerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Citarum-Ciliwung untuk pengadaan bibit pohon yang berjumlah 500 bibit. Terdiri dari sirsak, alpukat, durian, pucuk merah, salam, dan tumbuhan Afrika,” lanjutnya.

Yayat selaku Ketua RW 02 mengaku senang dengan adanya gerakan hijau ini, mengingat pada November nanti akan diadakan Lomba Bogor Hejo.

Salah satu penilaiannya adalah seberapa rindang lingkungan desa atau kelurahan yang ada di Bogor.

“Kebetulan RW 02 terpilih menjadi perwakilan dari Kelurahan Balumbang Jaya. Diharapkan dengan adanya Gerakan Penghijauan ini dapat menjadi titik awal bagi masyarakat untuk merawat lingkungan sekitarnya menjadi lebih asri lagi,” pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved