IPB University

PKSPL IPB University Launching 5 Karya, Aplikasi soal Kelautan hingga Laboratorium Bioteknologi

PKSPL dalam hal ini bekerjasama dengan Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University meluncurkan lima hasil karya pada Dies Natalis ke-26 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University meluncurkan lima hasil karya pada Dies Natalis ke-26, baru-baru ini.

Lima karya tersebut meliputi pengembangan Smart Sea Farming, aplikasi Environmental Sensitivity Index (ESI Software), aplikasi Sistem Monitoring Nusantara (Simona), Fellowship program beasiswa, dan Laboratorium Bioteknologi Kelautan.

Pengembangan Smart Sea Farming yang dilakukan meliputi underwater televisual system, kecerdasan buatan (artificial intelligence), grouper automatic feeding, serta water quality checker.

Grouper automatic feeding dikembangkan untuk pemberian pakan ikan secara otomatis.

Sementara water quality checker berfungsi untuk mengukur dan memberikan informasi kualitas parameter air.

Aplikasi Environmental Sensitivity Index (ESI Software) merupakan alat bantu pengambilan keputusan berbasis website bagi berbagai pihak dan investor ketika terjadi tumpahan minyak.

Aplikasi ini akan menjelaskan ekosistem, lingkungan, aktivitas, ekonomi, masyarakat yang sensitif, rentan akibat adanya oil spill dan buangan limbah di kawasan pesisir.

Sementara, aplikasi Sistem Monitoring Nusantara (Simona) merupakan salah satu aplikasi dalam pengelolaan pesisir dan laut.

Peta rencana zonasi menjadi basis dalam penatakelolaan, intervensi program, monitoring dan pengawasan berbasis aplikasi android yang dapat digunakan semua pihak.

Adapun Fellowship program beasiswa bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia handal dalam bioteknologi kelautan.

Oleh karena itu, PKSPL dalam hal ini bekerjasama dengan Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University.

Karya lainnya yaitu Laboratorium Bioteknologi Kelautan. Laboratorium tersebut merupakan fasilitas penting dalam menunjang pendidikan dan penelitian bioteknologi kelautan di PKSPL IPB University.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved