IPB University

IPB University Ciptakan Jenthik Indonesia, Produk Upcycling Fashion Jeans Bekas dan Batik Nusantara

Jenthik Indonesia hadir dalam konsep tematik, mengkombinasikan limbah tekstil jeans dengan batik daerah sebagai wujud pelestarian budaya.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Kelompok mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) IPB University merintis Jenthik Indonesia, sebuah usaha yang bergerak di bidang fashion. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kelompok mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) IPB University merintis Jenthik Indonesia, sebuah usaha yang bergerak di bidang fashion.

Tidak seperti produk fashion biasa, Jenthik Indonesia mengkombinasikan limbah tekstil jeans sebagai wujud upaya pelestarian lingkungan berkelanjutan yang dipadukan dengan batik daerah sebagai wujud pelestarian budaya.

Chief Executive Officer (CEO) Jenthik Indonesia, Dinda Ramadhani mengatakan, produk yang dihasilkannya berupa aneka tas dan topi. Seperti tote bag, ransel, pouch, tas laptop, sling bag dan berbagai aksesoris kepala lainnya.

Jenthik Indonesia hadir dalam konsep tematik, dimana setiap periodenya mengusung tema batik yang berbeda-beda. Penggunaan batiknya pun masih belum banyak terdengar di masyarakat, sehingga diusung sebagai produk agar lebih dikenal secara luas,” ungkap Dinda.

Ia menuturkan, pada produksi periode pertama, Jenthik Indonesia memproduksi tema jeans dan Batik Mega Mendung.

Lalu di periode kedua menggunakan kombinasi jeans dan Batik Parang. Sementara untuk yang ketiga, telah diproduksi kombinasi jeans dengan Batik Panggang Keting.

Hal itu menjadikan produk Jenthik bersifat limited edition. Karena produk didesain berbeda setiap kali produksi.

Harga setiap produk bervariasi, mulai dari Rp 50.000 hingga ratusan ribu rupiah untuk produk premium.

“Produk Jenthik ini memiliki kualitas yang bagus karena tidak hanya satu lapis namun juga dilapisi dengan furing yang kuat, sehingga produk Jenthik tidak mudah rusak. Ke depannya akan diproduksi produk dengan kombinasi jeans dengan batik-batik lainnya, dan akan hadir pula produk Men Series,” ujarnya.

Dinda mengaku, saat ini produk Jenthik Indonesia mulai dikenal dan diakui.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved