IPB University

IPB University Launching MBKM Sociopreneur One Village One CEO Tahun 2022

Pelaksanaan MBKM Sociopreneur One Village One CEO 2022 akan tersebar ke tujuh provinsi. Mahasiswa akan terjun langsung ke lapangan bersama masyarakat.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
IPB University melalui Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier (Ditmawa-PK) baru-baru ini menggelar acara Grand Launching MBKM Sociopreneur One Village One CEO 2022 di Auditorium Andi Hakim Nasution (AHN), Kampus Dramaga, Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - IPB University melalui Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier (Ditmawa-PK) baru-baru ini menggelar acara Grand Launching MBKM Sociopreneur One Village One CEO 2022 di Auditorium Andi Hakim Nasution (AHN), Kampus Dramaga, Bogor.

Terdapat 249 peserta yang telah dinyatakan lolos untuk mengikuti program ini.

Total pendaftar sebanyak 355 orang.

“Antusiasme pendaftar mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, hal ini dibuktikan bahwa sembilan dari sebelas fakultas yang tersebar di IPB University telah mendaftar untuk mengikuti rangkaian proses seleksi program MBKM Sociopreneur OVOC 2022,” ujar Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, Dr Alim Setiawan Slamet.

Tahun ini, lanjutnya, Program One Village One CEO bekerja sama dengan mitra yang terdiri dari PT Astra International Tbk, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia (BRGM RI) serta PT Maruwai Coal melalui skema Program Matching Fund Kedai Reka 2022.

Ia menjelaskan, program OVOC ini sudah diinisiasi sejak tahun 2019.

Awalnya program ini bekerja sama dengan PT Astra International Tbk, yang bertujuan untuk memberikan ruang pembelajaran kepada mahasiswa mengenai entrepreneur sekaligus pemberdayaan desa.

“Istimewanya, program ini sekaligus membawakan inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh kampus IPB University. Dengan demikian, harapannya dengan adanya program ini, produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh desa dapat memiliki nilai tambah sehingga dapat dilakukan ekspor ke depannya,” imbuhnya.

Menurutnya, pelaksanaan MBKM Sociopreneur One Village One CEO 2022 akan tersebar ke tujuh provinsi. Yakni Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, serta DKI Jakarta (Kepulauan Seribu).

Mahasiswa akan terjun langsung ke lapangan bersama masyarakat desa.  

“Sebelumnya, para mahasiswa akan dibekali materi oleh para ahli maupun pakar melalui kegiatan workshop yang akan digelar secara daring selama dua minggu,” tandasnya.

Grand launching ini dihadiri Prof Arif Satria selaku Rektor IPB University, Prof Drajat Martianto selaku Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Erika B. Laconi selaku Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Bisnis, Dr Handian Purwawangsa selaku Asisten Direktur Pengembangan Karir, Bima Krida Pamungkas selaku Head of CSR Astra, Okty Damayanti selaku Head of Adaro Group, serta Muhammad Yusuf selaku Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM).

“Dengan masyarakat desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), BUMDes Bersama (BUMDesma) serta kelompok masyarakat ini diharapkan dapat bersinergi, berkolaborasi dan membangun optimisme dengan penuh semangat. Masyarakat harus diyakinkan bahwa melakukan ekspor memang sesuatu yang sulit, namun apabila kita serius kita akan bisa. Seperti yang telah kita lakukan pada ekspor Kopi Garut serta produk GoaThai di Cianjur,” ujar Rektor IPB University, Prof Arif Satria.

Acara ini juga dilengkapi dengan sesi Talkshow bersama para mitra Program One Village One CEO, PT Astra International Tbk., BRGM RI, dan PT Maruwai Coal, dengan tema “Peran CSR dalam Membangun Ekosistem Bisnis Perdesaan 4.0 melalui Kolaborasi dengan PT: Value Innovation and Opportunity Identification”.

“Melalui program ini, para mahasiswa nantinya dapat membantu mendampingi petani, peternak, maupun kelompok ikan. Sehingga produk unggulan di desa tidak hanya diserap oleh pasar nasional, namun sampai pada ekspor,” ujar Head of CSR Astra, Bima Krida Pamungkas.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved