Mengintip Kesejukan Desa Ekowisata di Cigombong Bogor, Kampung Ciwaluh Kini Jadi Sasaran Wisatawan

Keasrian dan alaminya Desa Ekowisata ini tampak terasa ketika wisatawan yang datang memasuki wilayah pedesaan. 

TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
Desa Ekowisata di Kampung Ciwaluh, Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, suguhkan keindahan alam yang masih asri dan alami, cukup membayar Rp 5.000 wisatawan sudah bisa nikmati seluruh area wisata, Minggu (28/8/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIGOMBONG - Desa Ekowisata yang berlokasi di Kampung Ciwaluh, Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. 

Keasrian dan alaminya Desa Ekowisata ini tampak terasa ketika wisatawan yang datang memasuki wilayah pedesaan. 

Desa Watesjaya ini terletak di bawah bukit-bukit yang cukup tinggi, sehingga desa tersebut dikelilingi oleh beberapa bukit.

Pada wisata yang berada di Desa Watesjaya ini sudah belasan tahun dikelola oleh warga sekitar.

Anggota Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kampung Ciwaluh, Sandi mengatakan bahwa tempat-tempat wisata yang ada di desa ini dikelola oleh Pokdarwis

"Kita kan Pokdarwis warga juga, jadi kita-kita yang sadar sama potensi wisata disini daripada kita kembangin di luar, mending di desa kita dulu, hasilnya juga untuk warga-warga sekitar juga," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, Minggu (28/8/2022).

Desa Ekowisata ini, menurutnya sudah mulai dibentuk sejak tahun 2009 silam, yang di mana saat itu kondisinya masih cukup memprihatinkan. 

Untuk saat ini pada Desa Ekowisata ini memiliki belasan tempat wahana wisata, diantaranya Curug, Camp ground, Rafting bahkan bercocok tanam.

Sandi mengungkapkan bahwa untuk wisata yang favorit disini adalah Curug Ciliwung, yang di mana para wisatawan akan disuguhi dengan tantangan pada perjalanannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved