Kenali Fakta dan Mitos Cara Penularan HIV/AIDS, Mulai Dari Bercumbu Hingga Air Susu Ibu

Simak berikut fakta dan mitos cara penularan HIV/AIDS, mulai dari bercumbu, hubungan seks hingga air susu Ibu menjadi salah satu faktornya

Kompas.com/SHUTTERSTOCK
Ilustrasi HIV/AIDS (SHUTTERSTOCK/TUPUNGATO) Simak berikut fakta dan mitos cara penularan HIV/AIDS, mulai dari bercumbu, hubungan seks hingga air susu Ibu menjadi salah satu faktornya 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  HIV/AIDS merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh hingga dapat menimbulkan infeksi dan menghancurkan sel CD4.

Stigma masyarakat terhadap penyakit HIV/AIDS ini menjadi salah satu mitos dan kesalahpahaman.

Stigma dan diskriminasi terhadap HIV/AIDS juga masih menjadi hambatan utama lantaran menimbulkan ketakutan masyarakat hingga enggan untuk melakukan tes HIV/AIDS.

Hal tersebut pun membuat masyarakat malu untuk memulai pengobatan, dan enggan untuk menerima pendidikan tentang HIV/AIDS.

Agar tidak keliru bagaimana penularan HIV/AIDS yang benar berikut rangkuman fakta dan mitos terkait penularan HIV AIDS ini:

Berikut fakta terkait penularan HIV/AIDS:

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Gejala Awal hingga Stadium 4 HIV, Penderita Biasanya Alami Kelelahan dan Demam

1. Melalui darah

HIV AIDS dapat menular melalui darah. Pada kasusnya, HIV AIDS bisa menular melalui darah dengan penggunaan jarum suntik yang digunakan bersama-sama, misalnya dengan menggunakan jarum suntik saat membuat tato atau dengan menggunakan NAPZA suntik. 

Selain penggunaan jarum, HIV AIDS juga bisa tertular apabila anda bercumbu dengan pasangan yang mengidap HIV apabila ada luka terbuka pada mulut pasangan anda.

Serta, HIV bisa ditularkan melalui penerimaan donor darah dari penderita HIV.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved