Doa Harian

Bacaan Doa Hari Rabu, Minta Semua Kegiatan Dilancarkan

Dianjurkan doa bisa dipanjat pada pagi hari sebelum memulai aktivitas untuk meminta kelancaran dalam setiap kegiatan yang dilakukan dalam seharian.

Editor: Yudistira Wanne
Boston.com
Ilustrasi - Bacaan doa untuk hari Rabu. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Berikut bacaan doa hari Rabu untuk menjalankan aktivitas.

Dianjurkan doa bisa dipanjat pada pagi hari sebelum memulai aktivitas untuk meminta kelancaran dalam setiap kegiatan yang dilakukan dalam seharian.

Seperti saat ini hari Rabu pagi waktu yang tepat untuk beroda diawali dengan melaksanakan sholat dua rakaat kemudia bisa melakuan doa.

له يوم الأربعاء بين الصلاتين فعُرِفَ البِشْرُ في وجهه
قال جابر: فلم ينزل بي أمر مهمٌّ غليظ إِلاّ توخَّيْتُ تلك الساعة فأدعو فيها فأعرف الإجابة

Artinya: “Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam berdoa di Masjid Al Fath tiga kali, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau. Berkata Jabir: ‘Tidaklah ada suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdoa. Dan saya mendapati dikabulkannya doa saya.”

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Adzan Isya Lengkap Keutamaannya, Dosa Diampuni

Dalam riwayat lainnya:

فاستجيب له يوم الأربعاء بين الصلاتين الظهر والعصر

Artinya: “Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu di antara shalat Dzuhur dan Ashar.” (HR. Al Bukhari dalam Al Adabul Mufrad no.704, Ahmad no. 14603, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman no.3874)

Baca juga: Bacaan Doa Sore Hari, Minta Keselamatan dan Dijauhkan dari Ancaman Perbuatan Buruk

Bukan hanya itu, namun dalam fikih hadits para ulama juga menjelaskan hadits ini adalah dalil yang menganjurkan ber doa antara waktu dzuhur dan ashar di hari Rabu.

Al-Baihaqi setelah membawakan hadits ini dalam Syu’abul Iman, juga mengatakan :

ويتحرى للدعاء الأوقات والأحوال والمواطن التي يرجى فها الإجابة تماما فأما الأوقات فمنها ما بين الظهر والعصر من يوم الأربعاء

Artinya: “Hendaknya bersengaja ber doa di waktu, keadaan dan tempat yang besar kemungkinan diijabahnya secara sempurna. Diantara waktu yang mustajab adalah antara dzuhur dan ashar di hari Rabu.”

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved