Berangkat dari Literasi, Tanaman Nilam Bisa Disulap Jadi Bahan yang Bermanfaat

Nilam adalah sebuah tanaman yang bisa menghasilkan essential oil atau disebut dengan minyak atsiri.

Editor: Yudistira Wanne
Istimewa
Kepala Atsiri Research Center (ARC) PUIPT Nilam Aceh Universitas Syiah Kuala, Syaifullah Muhammad, pada Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) Jakarta, Selasa, (30/8/2022). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Nilam adalah sebuah tanaman yang bisa menghasilkan essential oil atau disebut dengan minyak atsiri.

Minyak nilam banyak diminati tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi hingga ke luar negeri.

Nilam banyak dijumpai untuk digunakan sebagai campuran dalam pembuatan kosmetik, farmasi, dan aroma terapi dan berfungsi sebagai zat pengikat.

"Indonesia merupakan negara produsen utama minyak nilam dunia, menguasai sekitar 95 persen pasar dunia," ujar Kepala Atsiri Research Center (ARC) PUIPT Nilam Aceh Universitas Syiah Kuala, Syaifullah Muhammad, pada Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) Jakarta, Selasa, (30/8/2022).

Yang patut dibanggakan, kini Universitas Syah Kuala sudah memiliki rumah produksi minyak nilam dan telah memperoleh sertifikasi dari BPOM.

Bahan baku nilam berasal dari daerah-daerah seperti Kab. Aceh Utara, Aceh Besar, Bener Meriah, dan belasan kabupaten lainnya di Provinsi Aceh.

Negara-negara Eropa seperti Perancis, Jerman, dan Inggris pun secara khusus telah melakukan kerja sama di bidang ekspor bahan baku dengan pihak Universitas Syah Kuala.
Rata-rata mereka gunakan Nilam sebagai bahan baku produksi parfum.

Ikhtiar yang dilakukan Syaifullah dan Universitas Syah Kuala merupakan bentuk nyata dari manfaat literasi untuk kesejahteraan.

Terbukti banyak nilai tambah yang dihasilkan dari bahan baku daun Nilam.

Penguasaan literasi yang mumpuni akan membantu manusia secara personal dan komunal dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin hari semakin complicated dan smart.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved