Yantie Rachim Ajak Peran Aktif Guru PAUD Cegah dan Tangani Stunting di Kota Bogor

Peran pendidik PAUD dalam penanganan stunting di lingkup PAUD diantaranya dengan kegiatan pengasuhan dan deteksi dini tumbuh kembang anak

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Dedie Rachim saat acara Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PTK PAUD) di Rizen Padjadjaran Hotel, Kota Bogor, Senin (29/8/2022). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Bunda Stunting Kota Bogor, Yantie Rachim mengajak peran aktif para tenaga pendidik di PAUD, orang tua dan pihak lainnya untuk merancang serta mengintegrasikan berbagai upaya dalam membantu percepatan penanganan stunting.

"Ada dua cara, melalui pencegahan dan penanganan stunting serta melalui gerakan mengurangi risiko stunting," kata Yantie saat acara Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PTK PAUD) di Rizen Padjadjaran Hotel, Kota Bogor, Senin (29/8/2022).

Menurut Yantie, PAUD yang berkualitas pasti mendukung pencegahan dan penanganan stunting.

Peran pendidik PAUD dalam penanganan stunting di lingkup PAUD diantaranya dengan kegiatan pengasuhan dan deteksi dini tumbuh kembang anak, membuat kebijakan pembelajaran yang berkelanjutan dengan gizi yang sesuai.

Salah satunya dalam satu pekan, ada dua atau satu hari anak diminta membawa bekal makanan yang bergizi.

Selain itu, pengetahuan terkait stunting perlu diketahui dan dimiliki para tenaga pendidik di PAUD.

"Jadi mari cegah stunting melalui PAUD berkualitas. Guru PAUD diharapkan proaktif dalam mengakses berbagai sumber informasi dan meningkatkan kesabaran tentang cegah stunting" kata Yantie.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menyampaikan gambaran hasil riset di Kota Bogor yang dilaksanakan dalam rentang tahun 2015 hingga 2021 kepada para peserta.

Dimana hasil rekomendasi yang diberikan adalah sistem sirkulasi dan pencahayaan rumah-rumah warga di Kota Bogor masih kurang dimana hal tersebut memiliki korelasi antara kecerdasan anak dengan kondisi rumah.

"Bagaimana mungkin anak akan cerdas kalau pencahayaannya dan ventilasi rumah kurang maksimal.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved