IPB University

Kreatifitas Mahasiswa IPB University, Sulap Selokan di Situ Gede untuk Budidaya Ikan

Mahasiswa IPB University berharap, dengan revitalisasi selokan menjadi tempat budidaya ikan, dapat meningkatkan taraf hidupnya masyarakat Situ Gede.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Mahasiswa IPB University penerima beasiswa dari Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) memanfaatkan selokan di Kelurahan Situ Gede, Kota Bogor untuk budidaya ikan menggunakan sistem bioflok. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Mahasiswa IPB University penerima beasiswa dari Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) memanfaatkan selokan di Kelurahan Situ Gede, Kota Bogor untuk budidaya ikan menggunakan sistem bioflok.

Program Community Development KSE IPB University ini didukung oleh PT Manulife Aset Management Investasi sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR) dan pemerintah Kelurahan Situ Gede.

Lurah Situ Gede Kartini Wulandari mengatakan bahwa program revitalisasi tersebut sangat membantu masyarakat Situ Gede.

Ia mengapresiasi khususnya langkah mahasiswa penerima beasiswa KSE dalam pendampingan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan kita bersinergi kembali dalam program yang lain untuk bisa menjadikan kawasan Situ Gede, selain secara fisik sekarang sudah dikerjakan oleh (pemerintah) provinsi, di pemberdayaannya kita bisa sama-sama bersinergi kembali,” kata Kartini, (25/8).

Sementara itu, Siti Herlinda mengungkapkan, biasanya PT Manulife Aset Management Investasi memberikan CSR dalam bentuk pendidikan, seperti beasiswa yang salah satunya bekerja sama dengan Yayasan KSE untuk menyalurkan ke mahasiswa. Lalu ada juga program renovasi jembatan untuk akses anak-anak sekolah.

Ia menerangkan, tahun ini pihaknya memulai program pemberdayaan lingkungan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Salah satunya revitalisasi selokan dengan budidaya ikan yang dilakukan di Kelurahan Situ Gede bersama mahasiswa IPB University penerima beasiswa KSE.

“Dengan adanya budidaya ikan ini, dapat meningkatkan taraf hidupnya masyarakat. Itu memberdayakan masyarakat untuk lebih makmur lagi. Tujuan CSR kan memberikan dampak yang secara berkelanjutan dan berkesinambungan,” ujarnya.

Ia berharap, euforia budidaya ikan tidak hanya saat peresmian. Lebih jauh, budidaya ikan ini bisa dilanjutkan dan dijaga dengan baik oleh masyarakat.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Situ Gede, Helly Rubiansyah mengatakan, program revitalisasi selokan menjadi budidaya ikan lele sangat bermanfaat untuk warga Situ Gede.

“Harapan kami mungkin bisa ditularkan ke Rukun Warga-Rukun Warga yang lain agar kesejahteraan dan kualitas hidup di Situ Gede ini semakin meningkat dan lele ini sangat bagus buat ke depan untuk anak-anak yang stunting karena memang dari segi (kesehatan) gizinya sangat cukup. Mudah-mudahan program lele ini bisa menjadi program unggulan di Situ Gede,” imbuhnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved