IPB University

Kembangkan Smart Agriculture, IPB University Kerjasama dengan Central Luzon State Filipina

Prof Dodik Ridho Nurrochmat berharap ada sebuah output yang saling menguntungkan antara IPB University dan CLSU.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
IPB University menerima kunjungan dari Central Luzon State University (CLSU), Filipina terkait tindak lanjut program kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - IPB University menerima kunjungan dari Central Luzon State University (CLSU), Filipina.

Kunjungan ini terkait tindak lanjut program kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian.

Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof Dodik Ridho Nurrochmat menyambut hangat kedatangan jajaran pimpinan dari CLSU.

Ia mengatakan kerjasama ini tentang bidang exchange student, penelitian kolaborasi tentang smart agriculture dan pengolahan kopi.

Menurutnya, mobilitas di antara negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ini adalah opsi yang realistis untuk diwujudkan.

“Kita juga harus menambah jumlah mahasiswa internasional untuk belajar di luar negeri. Jumlah mobilitas mahasiswa harus ditambah dengan kegiatan inbound,” ucapnya.

Prof Dodik berharap ada sebuah output yang saling menguntungkan antara IPB University dan CLSU.

Ia mengatakan adanya program exchange bukan hanya untuk student tapi exchange staff yaitu profesor sebagai pengajar.

“Dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kita bisa memperbanyak partner sebagai tempat mahasiswa exchange,” tuturnya.

Sementara Itu, Kepala Tim Proyek eFARM, CLSU, Prof Gella Patria L Abella, memperkenalkan Proyek EFarm Academy.

Ia mengatakan program ini mempunyai tujuan untuk menyadarkan komunitas melalui pembelajaran di tempat dan virtual tentang pemrosesan makanan dan teknologi produksi pertanian yang dikembangkan oleh CLSU.

Menurutnya, EFarm Academy ini merupakan respon terhadap kampanye pemerintah untuk membantu masyarakat lokal dan internasional agar produktif dan memiliki akses terhadap pasokan pangan yang cukup, aman dan bergizi.

IPB University adalah mitra CLSU.  Kami berharap dapat mentransfer program teknologi kepada pemangku kepentingan. Target kami adalah studi yang bermanfaat untuk komunitas pertanian dengan memiliki smart agriculture yang lebih baik,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Asisten Direktur Kerjasama dan Hubungan Internasional, Dr Ing Dase Hunaefi, berkesempatan memperkenalkan keanekaragaman dan citarasa kopi yang ada di Indonesia.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved