Viral di Medsos

Viral, Ribuan Warga Pamijahan Bogor Lakukan Penghormatan Jenazah Etnis Tionghoa, Begini Respon MUI

Viral, video ribuan warga lakukan penghormatan kepada jenazah etnis Tionghoa yang tampak diikuti oleh warga mayoritas muslim, aksinya tuai pro kontra

Ist
Viral di media sosial ribuan warga Bogor lakukan penghormatan jenazah tenis Tionghoa, yang diikuti oleh sebagian warga mayoritas muslim, begini respon Ketua MUI Kecamatan Pamijahan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Viral di media sosial, video ribuan warga lakukan aksi penghormatan kepada jenazah etnis Tionghoa.

Diketahui momen tersebut dilakukan di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Dalam momen video tersebut juga memperlihatkan sejumlah warga mayoritas muslim yang ikut serta melakukan penghormatan jenazah etnis Tionghoa.

Penghormatan jenazah itu pun menggunakan Cio Tao (upacara sembahyang yang dilakukan dalam beberapa tahapan), lantaran adanya permintaan dari keluarga duka.

Viralnya video tersebut pun dibenarkan oleh Ketua MUI Kecamatan Pamijahan, Taftazani Mubarok.

Taftazani Mubarok mengungkapkan, momen tersebut terjadi pada hari Rabu 31 Agustus 2022, sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Gara-gara Teriak Minta Ini, Sepasang Kekasih Sopir Angkot Dikeroyok, Videonya Viral di Media Sosial

Menurutnya penghormatan tersebut dihadiri oleh sejumlah warga Jakarta etnis Tionghoa yang dimakamkan di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan.

Bahkan penghormatan jenazah itu pun dihadiri oleh ribuan masyarakat yang datang berbondong-bondong untuk sekedar ingin mengetahui proses pemakaman Cina.

"Setelah selesai penguburan ada salah satu anak almarhum yang meminta warga muslim untuk memberikan penghormatan kepada jenazah ibunya dan berkata 'bapak dan ibu saya minta tolong untuk bisa memberikan penghormatan kepada ibu saya yang sudah meninggal dengan cara memegang Cio ini kemudian mengangguk sampai 3 kali'," kata Taftazani Mubarok saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (4/9/2022).

Taftazani Mubarok juga menjelaskan dari penjelasan salah satu keluarga jenazah bahwa jenazah memiliki latar belakang yang dermawan dan rajin bersedekah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved