IPB University

Gelar Green Belt Conservation, Himasper IPB University Tanam 1000 Bibit Mangrove di Tangerang

Ketiadaan mangrove membuat hasil panen udang menurun. Sehingga Himasper IPB University setiap tahun rutin menanam mangrove di Desa Patra Manggala.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University mengadakan kegiatan Green Belt Conservation (GBC) berupa penanaman dan monitoring mangrove di Desa Patramanggala, Tangerang, Banten. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University mengadakan kegiatan Green Belt Conservation (GBC) berupa penanaman dan monitoring mangrove di Desa Patramanggala, Tangerang, Banten.

GBC merupakan salah satu rangkaian Festival Air yang diselenggarakan Himasper tahun 2022. Lebih dari 100 orang berpartisipasi dalam kegiatan adopsi mangrove ini.

Kegiatan GBC 2022 dilatarbelakangi oleh masyarakat di Desa Patra Manggala yang dulunya menganggap keberadaan mangrove mengganggu budidaya udang windu.

Penebangan pohon mangrove secara besar-besaran pun sempat dilakukan di daerah ini. Tahun 2006, hasil panen udang windu mencapai 20 kilogram per harinya.

Namun setelah ketiadaan mangrove, hasil panen udang lambat laun menurun. Bahkan budidaya udang di daerah ini sempat benar-benar mati.

Melihat kondisi tersebut, Himasper IPB University setiap tahun rutin menanam mangrove di Desa Patra Manggala.

Tahun 2022 merupakan tahun ke-4 Himasper melakukan penanaman dan monitoring mangrove.

Aksi ini dilakukan karena mangrove dipercaya sebagai tanaman yang mampu menyerap emisi karbon serta merupakan daerah penting yang mendukung biota air untuk berkembang biak.

Ketua Pelaksana GBC, Cecep Kurniawan mengatakan, penanaman 1000 bibit mangrove terdiri dari 500 jenis Rhizopora sp dan 500 bibit Bruguiera cylindrica.

Monitoring mangrove dilakukan dengan tujuan mengetahui pertumbuhan dan kondisi mangrove dari hasil penanaman yang dilakukan selama tiga tahun sebelumnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved