Diguyur Hujan Deras Sejak Minggu Sore, Ratusan Rumah di Kabupaten Bogor Tergenang Banjir

Banjir melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bogor usai diguyur hujan deras sejak sore hari, Minggu (11/9/2022).

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Vivi Febrianti
Dok BPBD Kabupaten Bogor
Banjir di Perumahan Griya Satria Jingga Satu Paguyunan, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBIGOR.COM, CIBINONG - Banjir melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bogor usai diguyur hujan deras sejak sore hari, Minggu (11/9/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat ada enam wilayah yang terdampak dari banjir yang terjadi.

Kasi Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada BPBD Kabupaten Bogor, M Adam, mengatakan, di Kampung Ciapus, Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor mengalami kerusakan akibat tertimpa TPT.

"TPT Jalan Desa Ciapus Permeha longsor, dengan diameter tinggi 10 meter, lebar 10 meter,  menimpa 1 Rumah di bawahnya, rumah ambruk seluruh nya tertimpa longsoran," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com melalui keterangan tertulis, Senin (12/9/2022).

Akibatnya, satu kepala keluarga yang terdiri dari tiga jiwa harus mengungsi ke rumah kerabatnya.

Kemudian, M Adam mengatakan, di Kampung Kota Batu, Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama, mengakibatkan aliran sungai Cimenteng meluap.

"75 rumah terdampak, di antaranya empat rusak sedang , dua rusak ringan," ungkapnya.

Di Kampung Bubulak, Desa Laladon, Kecamatam Ciomas, Kabupaten Bogor,disebabkan Hujan  deras dengan intensitas tinggi yang cukup Lama, dan meluapnya kali Cibinong dan kali Ciapus , sehingga terjadi banjir ke pemukiman warga 

"Dari hasil kaji cepat, 40 Rumah, 40 KK dari 160 kiwa terdampak, tidak ada keruksakan fisik pada bangunan," terangnya.

Selanjutnya, di Kampung Nyalindung, Desa Sukamantri, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama, mengakibatkan aliran sungai cibereum meluap.

"Lima rumah terendam, dua diantaranya rusak ringan, satu unit rumah jebol bagian tembok dapur dan amblas pada garasi di atas aliran , kemudian satu unit rumah amblas pada bagian kamar mandi," kata M Adam.

Selanjutnya ialah di Perumahan Griya Jaya Cikeas, Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang cukup lama, menyebabkan beberapa unit rumah terdampak banjir yang meluapnya aliran anak kali Cikeas.

"70 unit rumah terdampak, 70 KK dari 234 Jiwa terdampak banjir, tidak ada kerusakan fisik pada bangunan," jelasnya.

Terakhir ialah di Perumahan girya satria jingga satu paguyunan, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Akibat hujan dengan intensitas tinggi air sungai kali pesanggrahan meluap dan adanya TPT yang longsor ke aliran sungai sehingga mengikabatkan aliran sungai tersebut meluap .

"77 rumah, 77 KK dari  292 jiwa terdampak akibat banjir, rumah tergenang banjir dan tidak ada kerusakan fisik pada bangunan, fasilitas umum yang terdampak yaitu Mushola Asuhada dan TK Miftahul Janah," tandasnya.

M Adam menambahkan, untuk situasi saat ini diseluruh wilayah banjir sudah surut, hanya saja sebagian warga sedang membersihkan sisa-sisa kotoran dari banjir.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved