Resmi NTB dan NTT Dipilih Menjadi Tuan Rumah PON XXII 2028, Ketua Umum KONI Pusat Bilang Begini

Kedua provinsi itu adalah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, yang akan menjadi tuan rumah pesta olahraga empat tahunan nasional.

Editor: Yudistira Wanne
Dok. Pemkab Bogor
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman meninjau area Stadion Pakansari, Cibinong. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Dua provinsi resmi jadi tuan rumah gelaran Pekan Olahraga Nasional ke 22 tahun 2028.

Kedua provinsi itu adalah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, yang akan menjadi tuan rumah pesta olahraga empat tahunan nasional.

Pemilihan itu berdasarkan hasil Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Pusat 2022.

Pemilihan itu diambil berdasarkan hasil aklamasi, karena memang hanya dua provinsi yang mengajukan diri dan bersedia untuk menjadi tuan rumah PON XXII 2028.

Seluruh perwakilan KONI Provinsi yang menjadi anggota Musornaslub pun menyetujui untuk PON XXII 2028 di bumi Flobamora.

Sesuai regulasi, memang penentuan penyelenggaraan PON setidaknya sudah dilakukan sejak enam tahun sebelumnya.

Kesempatan ini juga adalah kali pertama bagi NTB dan NTT menjadi tuan rumah gelaran Pekan Olahraga Nasional.

Baca juga: Target Budi Sulistijono untuk Hockey Indonesia Usai Dilantik KONI Pusat : Kita Jawab Dengan Prestasi

"Telah dilakukan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa untuk menentukan tuan rumah PON ke-22 tahun 2028, yang terpilih adalah NTB dan NTT," ujar Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman.

"Proses ini harus dilakukan enam tahun sebelum pelaksanaannya, dan melalui proses yang cukup panjang, semua telah dilalui prosesnya. Saya yakin dua provinsi itu akan nempersiapkan sebaik-baiknya," lanjutnya.

Dalam pemaparan yang dilakukan oleh tim penjaringan dan penyaringan tuan rumah PON, persiapan sudah mencapai angka sekira 30-50 persen.

Baca juga: Atlet Angkat Besinya Terancam Tak Ikut Porprov XIV, Ini Reaksi KONI Kabupaten Bogor:

Masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebelum gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-22 tahun 2028.

Sekadar informasi, ini merupakan PON yang diadakan setelah gelaran PON ke-21 tahun 2024, yang juga diselenggarakan di dua provinsi, yaitu Aceh-Sumatera Utara.

(Alfarizy AF/M39)

Sumber: Tribunnews.com
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved