Usulkan 3 Nama Calon Pengganti Anies, Fraksi Golkar : Paling Berpengalaman dan Netral

Sembilan fraksi itu adalah PDIP, Partai Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, PSI, Golkar, NasDem dan PKB-PPP.

Editor: Vivi Febrianti
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
3 nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta dari Fraksi Golkar. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Sembilan fraksi partai politik DPRD DKI Jakarta masing-masing diminta mengusulkan tiga kandidat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, pengganti Anies Baswedan yang pada pensiun pada 16 Oktober 2022.

Sembilan fraksi itu adalah PDIP, Partai Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, PSI, Golkar, NasDem dan PKB-PPP.

Untuk Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta telah mengusulkan tiga nama, yaitu Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, Kasetpres Heru Budi Hartono serta Sekda DKI Jakarta Marullah Matali.

Tiga nama itu akan diusulkan daam Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) DPRD DKI Jakarta pada Selasa (13/9/2022) pukul 13.00.

Ketiga nama itu sama seperti yang diajukan Fraksi Partai Golkar.

Meski demikian, partai berlambang pohon beringin ini menempatkan Marullah sebagai posisi kedua dan Heru sebagai posisi ketiga, sedangkan Bahtiar posisi pertama.

Baca juga: Anies Baswedan Pamitan dengan Warga, Minta Didoakan Berakhir Husnul Khotimah

Ketika dikonfirmasi, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco mengatakan, mereka diusulkan karena dianggap berpengalaman sebagai pemimpin di pemerintahan.

Sebagai contoh Bahtiar juga pernah menjadi Penjabat sementara (Pjs) Kepulauan Riau, Marullah Matali pernah mengemban Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, sedangkan Heru mantan Wali Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Itu tiga yang berededar dan kami anggap yang paling pengalaman pimpin Pemerintahan dan bisa netral,” kata Baco pada Selasa (13/9/2022).

Baco mengatakan, surat fraksi bernomor 28/FPG/DPRD/VIII/2022 itu akan disampaikan dalam forum Rapimgab pada Selasa (13/9/2022) pukul 13.00.

Baca juga: 3 Calon Pengganti Anies Baswedan Akan Diumumkan Besok, DPRD: Diharapkan Bisa Atasi Banjir dan Macet

Surat itu juga untuk menindaklanjuti surat dari Mendagri bernomor 120/5141/SJ, yang meminta agar DPRD DKI Jakarta mengusulkan tiga nama kepada Kemendagri sebagai kandidat Pj Gubernur.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan pensiun pada 16 Oktober 2022 mendatang.

Nantinya jabatan mereka akan diisi sementara oleh Pj Gubernur sampai dilantiknya kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada 2024 mendatang.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Inilah 3 Nama Calon PJ Gubernur DKI Jakarta dari Fraksi Golkar Sebagai Pengganti Anies Baswedan

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved