IPB University

Gebyar Nusantara 2022 di IPB University Berlangsung Meriah, Sandiaga Uno: Sejalan dengan Pemerintah

Rangkaian acara Gebyar Nusantara 2022 IPB University untuk mewadahi pelestarian budaya daerah Indonesia dan memperkenalkan potret keindahan budayanya.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Untuk mewadahi pelestarian budaya daerah Indonesia dan memperkenalkan potret keindahan budayanya, rangkaian Bincang Budaya digelar dengan topik “Gemerlap Lampion Nusantara” di Gedung Grha Widya Wisuda 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - IPB University kembali menggelar Gebyar Nusantara (Genus).

Festival budaya terbesar di IPB University ini secara resmi dibuka pada awal September lalu, dilanjutkan dengan rangkaian acara bincang budaya, perkenalan putra-putri (OMDA), kuliner nusantara, pameran budaya, dan lomba film pendek dokumenter.

Ajang ini merupakan bentuk apresiasi terhadap budaya nusantara. Selain itu, perhelatan akbar tahunan ini digelar untuk mendorong para mahasiswa IPB University serta masyarakat agar turut mencintai keragaman sosial budaya nusantara.

Untuk mewadahi pelestarian budaya daerah Indonesia dan memperkenalkan potret keindahan budayanya, rangkaian Bincang Budaya digelar dengan topik “Gemerlap Lampion Nusantara” di Gedung Grha Widya Wisuda.

Bincang Budaya merupakan talkshow interaktif yang menghadirkan keynote speaker inspiratif, yakni Dr Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Selain itu, beberapa budayawan dan tokoh masyarakat turut hadir untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang sangat kental.

Talkshow ini membahas isu-isu menarik seputar budaya nusantara. Sebagai salah satu rangkaian besar dari Genus, tujuannya edukasi dan ajang promosi budaya Indonesia kepada masyarakat luas, terutama para pemuda.

Sandiaga Uno mengapresiasi baik upaya Badan Eksekutif Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB University atas terselenggaranya Genus.

“Kegiatan ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menciptakan generasi muda yang cinta dan bangga terhadap kebudayaan nusantara, mendukung pelestarian budaya dan kebangkitan Kemenparekraf,” tandasnya.

Ia menuturkan, Kemenparekraf merilis Karisma Event Nusantara yang memiliki 110 event terbaik dari 34 provinsi di Indonesia sebagai upaya mengenalkan budaya nusantara.

Sekaligus mendorong gerakan cinta produk Indonesia untuk memupuk rasa bangga terhadap produk lokal. Sehingga produk lokal dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya Gebyar Nusantara 2022,” ucapnya.

Selanjutnya, acara ini dilanjutkan dengan bincang-bincang interaktif bersama narasumber Romulo M Hum sebagai Fungsional Pamong Budaya Ahli Madya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Bathara Dewandoro sebagai Pemenang Indonesia Mencari Bakat tahun 2021, Ki Gamblang Carito yang merupakan Dalang Internasional, Wahyu Affandi Suradinata atau akrab disapa Ki Wahyu sebagai Seniman Kujang Bogor, Wakil Ketua BEM KM IPB Muhammad Fauzan Ramdani, Menteri Seni dan Budaya BEM KM IPB Baihaqi Arya.

Para penonton yang hadir dalam acara tersebut juga turut dimanjakan secara visual dengan dekorasi yang cantik, penampilan putra-putri organisasi mahasiswa daerah (Omda) IPB University dan berbagai suguhan yang memupuk rasa cinta terhadap budaya nusantara.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved