Info BPJS Kesehatan

Agar Peserta JKN Nyaman, BPJS Kesehatan Tambah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

FKTP sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan yang langsung memberikan layanan kepada masyarakat harus diikuti dengan layanan berkualitas

istimewa/Jamkesnews
BPJS Kesehatan Cabang Cibinong menggelar acara monitoring dan evaluasi bersama 261 FKTP kerja sama. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan BPJS Kesehatan terus mendorong Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Hal ini untuk mencapau berkomitmen dalam meningkatkan mutu layanan sesuai indikator pelayanan kesehatan yang disepakati.

FKTP sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan yang langsung memberikan layanan kepada masyarakat harus diikuti dengan layanan berkualitas dengan sepenuh hati.

Sebagai upaya mutu dan kendali biaya dalam lingkungan pelayanan primer sekaligus melakukan evaluasi capaian kinerja FKTP di Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu BPJS Kesehatan Cabang Cibinong menggelar acara monitoring dan evaluasi bersama 261 FKTP kerja sama.

Dalam sambutannya, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Ondrio Nas memberikan apresiasi sekaligus penekanan digitalisasi layanan di FKTP.

“FKTP mengambil peran penting dalam pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN). Pelayanan bagi peserta JKN secara tuntas di FKTP dengan kompetensi dan sarana prasarana yang dimiliki akan mempengaruhi tingkat kepuasan peserta. Optimalisasi layanan digital seperti pemanfaatan antrea online dapat memangkas birokrasi layanan dengan nilai efektifitas yang tinggi, waktu tunggu yang sebentar dan tidak terjadi penumpukan antrean di FKTP,” ujar Ondrio Nas.

Selain disampaikan materi Penerapan Pelayanan Berbasis Digital dan Sistem Pembayaran Berbasisi Kinerja di FKTP oleh Kepala Bidang Penjamin Manfaat Primer Rima Sahara.

Penyampaian materi sosialisasi alur klaim non kapitasi juga diberikan untuk mengingatkan kembali alur klaim yang seharusnya dilakukan FKTP.

Sementara itu ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bogor Kornadi mengapresiasi kegiatan monitoring evaluasi FKTP sebagai upaya peningkatan mutu layanan.

“Apresiasi yang diberikan untuk seluruh FKTP di Kabupaten Bogor dan pemberian penghargaan atau award hari ini diharapkan menjadi motivasi bagi FKTP lainnya dalam meningkatkan mutu layanan sesuai indikator pelayanan kesehatan. Kepala FKTP, ASKLIN, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor berkolaborasi untuk memaksimalkan peningkatan mutu layanan kesehatan bagi masyarakat,” ujar Kornadi.

Pada akhir kegiatan diberikan penghargaan 14 FKTP terbaik sebagai bentuk apresiasi untuk beberapa katagori antara lain katagori kepatuhan FKTP terbaik, capaian KBK terbaik, capaian rasio rujukan terbaik, capaian skrinning riwayat terbaik, capaian antrean online terbaik, dan FKTP dengan capaian kontak tidak langsung terbaik.

Hal tersebut diharapkan menjadi motivasi FKTP berlomba-lomba memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk peserta JKN.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved