Akibat Pergeseran Tanah, Satu Kampung di Cigudeg Bogor Kini Terisolir

Diwartakan sebelumnya, pegerakan tanah hingga terjadi longsor tersebut mengakibatkan akses jalan desa tersebut mengalami kererakan, Sabtu (17/9/2022).

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Damanhuri
Dok Warga
Pergerakan tanah di Desa Benyuwangi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor mengakinatkan satu kampung terisolir 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIGUDEG - Pergerakan tanah masih terus terjadi di Kampung Cibugis, Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Diwartakan sebelumnya, pegerakan tanah hingga terjadi longsor tersebut mengakibatkan akses jalan desa tersebut mengalami kererakan, Sabtu (17/9/2022).

Hingga saat ini tidak bisa dilalui, karena masih sangat riskan terjadi pegerakan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Aris Nurjatmiko mengatakan, saat ini akses jalan tersebut ditutup, agar tidak ada warga yang melintas.

Hal tersebut dikarenkan kontur tanah yang masih labil sejak hari pertama terjadi pegerakan.

"Akses jalan sudah tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 dan roda 4, jalan darurat sedang di buat oleh warga setempat," ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (18/9/2022).

Dengan begitu, Kampung Cibugis menjadi terisolir, di mana didalamnya terdapat 20 kepala keluarga (KK) diharuskan mengungsi.

Aris Nurjatmiko menjelaskan, pergerakan tanah tersebut terjadi karena tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut.

"Intensitas hujan yang tinggi dan cukup lama di wilayah Kecamatan Cigudeg sehingga mengakibatkan keretakan tanah dari titik awal ke titik akhir retakan rincian kurang lebih 25 meter," tandasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved