Bacakan Pembelaan Kasus Dugaan Suap BPK Jabar, Ade Yasin Nangis : Dimana Letak Kesalahan Saya?

Bupati Bogor nonaktif Bogor Ade Yasin hari ini menjalani sidang nota pembelaan kasus dugaan suap BKP Jabar yang menyeret namanya.

Editor: Damanhuri
Istimewa
Ade Yasin saat menyampaikan nota pembelaan melalui daring dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (19/9/2022) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Bupati Bogor nonaktif Bogor Ade Yasin hari ini menjalani sidang nota pembelaan kasus dugaan suap BKP Jabar yang menyeret namanya.

Seperti diketahui, pada persidangan sebelumnya  Jaksa KPK menuntut Ade Yasin tiga tahun penjara dengan denda Rp100 juta dan subsider enam bulan kurungan penjara.

"(Menuntut) hukuman tiga tahun untuk Ade Yasin, lalu denda Rp100 juta dan subsider enam bulan," kata Jaksa KPK Rony Yusuf.

Terdakwa Ade Yasin pun menangis membacakan nota pembelaan atau pledoi di Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat, melalui daring dari Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung, Senin (19/9/2022).

"Semuanya clear, tak ada perintah, tak ada instruksi dan tak ada pengondisian dari saya. Jika keadilan sudah terbuka lebar, mengapa saya dituntut bertanggung jawab atas perbuatan yang tidak saya lakukan?," kata Ade Yasin sambil terisak-isak.

Ia meyakini majelis hakim akan objektif dalam memberikan putusan dalam kasus yang saat ini menjeratnya.

Sebab, kata dia, 39 saksi yang dihadirkan Jaksa KPK dan dua saksi ahli memberikan keterangan di persidangan bahwa Ade Yasin tak terlibat.

"Jika melihat fakta persidangan tidak ada satu saksi pun yang mengatakan bahwa saya terlibat dalam perbuatan tersebut, lalu dimana letak kesalahan saya?," tuturnya.

Atas dasar itu, Ade Yasin meminta kepada hakim agar membebaskan dirinya dari segala macam tuduhan, dakwaan dan tuntutan.

"Demi Allah, saya tidak menyimpan niat lain, kecuali hanya ingin meminta keadilan bahwa saya tidak pernah melakukan perbuatan yang didakwakan kepada saya oleh Jaksa Penuntut Umum," kata Ade Yasin.

Halaman
12
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved