Warga Tamansari Bogor Kaget Lihat Ular Kobra Jawa Masuk ke Rumah, Petugas Damkar Dibuat Kesulitan

DamkarSektor Ciomas berhasil mengevakuasi hewan melata, yakni ular kobra Jawa yang berbahaya masuk ke dalam rumah warga. 

Dokumentasi Damkar Sektor Ciomas
Regu 3 Damkar sektor Ciomas berhasil mengevakuasi ular kobra Jawa yang masuk ke dalam rumah warga di Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari Bogor, Minggu (18/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TAMANSARI - Petugas Pemadam kebakaran (Damkar) Sektor Ciomas berhasil mengevakuasi hewan melata yang berbahaya masuk ke dalam rumah warga. 

Hewan melata itu adalah ular kobra Jawa, yang juga merupakan salah satu spesies hewan endemik di Pulau Jawa. 

Wakil Komandan Regu 3 Damkar Sektor Ciomas, Budi Faturachman mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (18/9/2022) malam, tepatnya pukul 19.00 WIB. 

"Kejadiannya di Komplek Balitvet Cimangglid Ciapus Nomor 07 RT 6/2, Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor," jelasnya kepada TribunnewsBogor.com, Senin (19/9/2022).

Mulanya, kata Budi Faturachman salah satu warga Desa Sukamantri atas nama Alfi menelpon petugas Damkar sektor Ciomas saat dirinya melihat adanya ular tersebut. 

Saat itu, sang pelapor melihat ular berwarna hitam yang sedang masuk ke dalam rumahnya. 

Dengan adanya laporan tersebut, Regu 3 Damkar sektor Ciomas pun langsung sigap dan menuju ke lokasi kejadian. 

Setelah sampai lokasi, petugas Damkar pun langsung menyisir area saluran air yang diduga menjadi tempat persembunyian ular kobra Jawa tersebut. 

Karena jenis ular kobra Jawa ini salah satu ular yang mampu menyemprotkan racunnya ke arah pengganggunya, maka para petugas Damkar yang menanganinya sangat berhati-hati.

Bahkan dalam penanganannya, petugas Damkar cukup kesulitan, hingga membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Pada penanganannya, saat iu dimulai dari pukul 19.10 WIB dengan menggunakan alat-alat evakuasi yang sudah dipersiapkan. 

Budi Faturachman menambahkan bahwa pada evakuasi ular kobra Jawa ini petugas Damkar cukup kesulitan. 

"Posisi ular ada di tengah-tengah saluran pembuangan, jadi petugas merogoh dulu menggunakan besi behel yang cukup panjang untuk memancing ular tersebut supaya keluar," katanya.

Akhirnya sekitar pukul 19.40 WIB empat anggota dari Regu 3 Damkar sektor Ciomas berhasil mengevakuasi ular kobra Jawa tersebut. 

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved