Samarinda Tetapkan Ikon Baru, Perpustakaan Jadi Hal yang Ditonjolkan

Wali Kota Samarinda Andi Harun akan menjadikan perpustakaan yang modern dan futuristik ini sebagai ikon baru Kota Samarinda sebagai kota peradaban.

Editor: Yudistira Wanne
Istimewa
Muhammad Syarif Bando saat memberikan keterangan tentang rekam jejak naskah kuno nusantara. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sebagai daerah yang hanya berjarak sekitar dua jam dari titik nol Ibu Kota Nusantara ( IKN), keberadaan fasilitas layanan perpustakaan umum di Kota Samarinda tidak sekedar menjadi menara gading. 

Bahkan, Wali Kota Samarinda Andi Harun akan menjadikan perpustakaan yang modern dan futuristik ini sebagai ikon baru Kota Samarinda sebagai kota peradaban.

“Ada pesan penting yang hendak disampaikan pemerintah bahwa perpustakaan penting dalam rangka mengelola tata kelola pembangunan dan pemerintahan sehingga daya saing bangsa agar terus kompetitif di era global,” ujar Wali Kota Andi Harun, Selasa, (20/9/2022).

Saat ini, lanjut Andi, perpustakaan bukan sebagai kolektor buku melainkan sebagai sarana berbagi informasi, komunikasi, dan interaksi masyarakat. 

Bahkan, istilah critical thinking diawali dari proses pengembalian data informasi yang diperoleh.

Ketika pemerintah pusat mengusung visi SDM Unggul Indonesia Maju, maka literasi sudah menjadi bagian penting untuk membangun masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter.

“Literasi yang kuat mendorong manusia pada kegiatan yang produktif yang memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan kesejahteraan,” tambah Wali Kota Andi.

Oleh karena itu, program perpustakaan berbasis inklusi sosial sudah dirasa tepat dan perlu didukung bersama. 

Apalagi saat ini dunia mulai memasuki era smart society 5.0. Jika era 4.0 menitikberatkan pada teknologi, maka era 5.0 justru manusia-lah yang menjadi tokoh utamanya.

“Ini tantangan sekaligus peluang yang besar bagi perpustakaan. Artinya, pengembangan perpustakaan bisa menjadi trigger bagi peningkatan pengetahuan di samping pengentasan kemiskinan,” kata Andi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved