Durian Lokal Sibelimbing Paling Dicari di Cigudeg Bogor, 1 Buah Tembus Rp 150 Ribu

Dia mengaku bahwa kebunnya memiliki sebanyak sekitar 20 pohon durian berbagai jenis yang sudah bisa dipanen setiap tahunnya

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Durian Sibelimbing, durian lokal buruan pembeli saat musim durian di Kampung Ciemas, RT 04/01, Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Selasa (20/9/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIGUDEG - Durian Sibelimbing merupakan salah satu durian lokal yang banyak dicari di kawasan yang disebut ' Kampung Durian' di wilayah perbatasan Kecamatan Rumpin - Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Petani yang menanam dan menjual durian sibelimbing salah satunya adalah Pak Sayuti, di Kampung Ciemas, RT 04/01, Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

"Emang duren banyak, banyak di sini satu kebun saya ini banyak. Tapi yang luar biasa menurut saya itu sibelimbing. Sibelimbing yang paling banyak ditanyain pembeli," kata Pak Sayuti kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (20/9/2022).

Dia mengaku bahwa kebunnya memiliki sebanyak sekitar 20 pohon durian berbagai jenis yang sudah bisa dipanen setiap tahunnya di masa musim durian.

Namun jenis pohon durian sibelimbing yang berkualitas baik yang dia miliki hanya satu pohon.

Petani durian yang lain pun, kata dia, tak banyak yang menjual sibelimbing ini.

"Yang biasa harga ada yang Rp 20 ribu, Rp 30 ribu, Rp 50 ribu (per buah). Kalau sibelimbing alhamdulillah nyampe Rp 150 ribu harganya, padahal gedenya hampir sama, cuma 3,5 kg paling gede," kata Sayuti.

Sayuti menjelaskan, durian sibelimbing ini memiliki kelebihan dagingnya yang tebal berwarna kuning dan kulitnya yang tipis sehingga dagingnya lebih banyak dibanding kebanyakan jenis durian yang lain.

Dia mengatakan, karena pohon durian sibelimbing miliknya terbatas, rencananya pohon durian sibelimbing ini ke depan akan dia dikembangkan lagi.

"Entar ke depan rencananya mau saya stek, mau dikembangin, mau jual bibitnya," kata Sayuti.
 

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved