IPB University

Mahasiswa IPB University Kenalkan Produk Sacha Inchi hingga ke Purwakarta, dari Minyak hingga Teh

Produk sacha inchi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain mencegah kolesterol, penyakit jantung, tekanan darah, dan berat badan.

Editor: Tsaniyah Faidah
TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
IPB University mengenalkan sacha inchi hingga ke Purwakarta. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Panca Mandiri, Desa Parakanlima, Purwakarta, Jawa Barat turut memeriahkan kegiatan Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) 2022.

Mereka hadir memamerkan produk unggulan binaan BUMDes Panca Mandiri, yaitu produk olahan dari tanaman sacha inchi dengan brand ‘SachiFit’.

Event ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Purwakarta. Festival UMKM digelar dalam rangka memperingati hari jadi Purwakarta Ke-191 dan Kabupaten Purwakarta Ke-54.

Dengan terselenggaranya Festival UMKM diharapkan dapat meningkatkan pemasaran produk dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Kabupaten Purwakarta.

“Diharapkan produk ini dapat lebih dikenal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Sehingga mendorong terwujudnya Noble Purpose Sustainable Development Goals (SDGs) Desa nomor 1 dan 8 yaitu Desa Tanpa Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata,” kata Adi Septian, Ketua Kelompok Mahasiswa KKN-T IPB University.

Ia mengungkapkan, tanaman sacha inchi merupakan komoditas tanaman kehutanan yang masih tergolong baru di Indonesia.

Produk olahan yang dihasilkan kaya akan nutrisi dan mengandung omega 3, 6 dan 9 yang tinggi.

“Produk sacha inchi baik dikonsumsi oleh anak-anak hingga manula. Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain dapat mencegah kolesterol, penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, menurunkan berat badan dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular,” ujarnya.

Dijelaskan Adi, hingga saat ini tercipta beberapa produk olahan sacha inchi yang dipasarkan yaitu minyak, kacang sangrai, teh celup dan teh tubruk.

Minyak dihasilkan dari proses pengepresan kacang sacha inchi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved