Pemkab Bogor Harus Lihat, Pria di Cibinong Munculkan Alat Insinerator, Berawal Resah Melihat Sampah

Ujang Supriatna memanfaatkan sampah menjadi sesuatu hal yang bernilai di Kelurahan Cirimekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Yudistira Wanne
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Ujang Supriatna alias Buyur, memperagakan proses pembakaran sampah menggunakan alat insinerator buatannya, Kelurahan Cirimekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor (21/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Seorang pria di Kabupaten Bogor memanfaatkan sampah menjadi sesuatu hal yang bernilai.

Ujang Supriatna atau Buyur sapaannya, pria asal Kelurahan Cirimekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor berhasil menciptakan sebuah mesin insinerator sampah sederhana dengan tangannya sendiri.

Melihat sampah- sampah plastik yang tak bisa terurai, disitulah dirinya tergerak untuk mengatasi permasalahan tersebut, terutama sampah rumah tangga.

"Permasalahan ini yang saya lihat di TPA hanya menjadi pemandangan tumpukan sampah yang menggunung, saya coba berfikir dengan alat seadanya, dengan kemampuan seadanya saya mencoba apakah sampah plastik itu betul-betul tidak bisa diatasi?," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (21/9/2022).

Ditempatkan di belakang rumahnya, alat tersebut mampu membakar enam kilo sampah non organik maupun organik kemudian diubah menjadi partikel yang disebut residu.

Buyur mengatakan, residu tersebut terbagi menjadi dua manfaat, tergantung bahan jenis sampah yang dibakarnya.

"Kalau sampah yang kita bakar 80 persen adalah organik, maka residu ini akan menjadi pupuk, tapi kalau 80 persen non organik maka tidak jadi pupuk, tapi bisa jadi pembasmi hama," katanya.

Cara kerjanya cukup sederhana, namun mekanisme tak bisa juga dianggap remeh.

Ia mengklaim, alat hasil karyanya tersebut lebih efektif dibandingkan pembakaran sampah ditempat terbuka, karena polusi yang dihasilkan sudah melalui proses filtrasi.

Halaman
12
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved