Bima Arya Gunakan Jalur Sepeda Untuk Kendaraan Listrik, Pengamat : Kalau Digabung, Ngapain Dibikin

Menurutnya, fasilitas bagi para pesepeda itu seharusnya dijaga supaya tidak tercampur dengan kendaraan motor maupun mobil.

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
Wali Kota Bogor Bima Arya saat menunggangi sepeda listrik di SSA, Jumat (23/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pengamat Transportasi Publik Azas Tigor Nainggolan melayangkan kritikan pedas kepada Pemkot Bogor yang bakal menggunakan jalur sepeda untuk kendaraan listrik.

Menurutnya, fasilitas bagi para pesepeda itu seharusnya dijaga supaya tidak tercampur dengan kendaraan motor maupun mobil.

"Menurut saya jalur sepeda kan bagus ada. Tapi, perlu dijaga fasilitas itu. Dijaga supaya tidak diisi oleh sepeda motor maupun mobil. Dan penegakan aturannya harus jalan supaya orang ga masuk jalur itu," kata Azas saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Jumat (23/9/2022).

Tigor menambahkan, seharusnya Pemkot Bogor menguatkan semua sarana dan prasarana agar tidak mengganggu fasilitas yang memang khusus untuk pesepeda.

"Dibangun sistemnya terlebih dahulu. Termasuk jalur sepedanya yang harus diakomodir terlebih dahulu," kata dia.

Sebab, sambung dia, jalur sepeda yang dibangun pada masa kepemimpinan Wali Kota Bogor Bima Arya ini memang bukan diperuntukan bagi kendaraan listrik.

"Jangan mix dan jangan sharing. Kalau dia bikin jalurnya mix ngapain dibikin jalur. Namanya dibikin jalur kan khusus berarti. Kalau dia mix lepas aja jadi jalan raya reguler. Itu lucu. Jalur khusus tapi sharing," tegasnya.

Tak hanya itu, kata dia, nantinya keselamatan warga Kota Bogor yang mengggunakan sepeda bakal terancam jika jalurnya digabung dengan kendaraan listrik.

"Kalau di Undang-undang lalu lintas jalur sepeda itu gaboleh sharing. Itu ya harus khusus kalau jalur sepeda. Kalau sharing kan bahaya. Karena akan bertubrukan dengan kendaraan. Bahaya ya jangan lah," katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved