Desa Wargajaya Bogor Rawan Bencana Alam, Warga Bangun Drainase untuk Cegah Longsor dan Banjir

Sejumlah warga Desa bersama Pemerintah Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, bersama-sama mambangun dan membersihkan saluran irigasi

TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
Warga Desa Wargajaya bersama Pemerintah Desa membangun drainase guna mencegah terjadinya bencana longsor dan banjir di wilayahnya, Jumat (23/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKAMAKMUR - Sejumlah warga Desa bersama Pemerintah Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, bersama-sama mambangun dan membersihkan saluran irigasi di desanya.

Hal tersebut dilakukan karena untuk mencegah terjadinya bencana longsor dan banjir di wilayahnya. 

Kepala Desa Wargajaya, Ooy Tamami mengatakan bahwa pemerintah desa bersama warga, melakukan gotong-royong melakukan pembangunan drainase.

"Dilakukan perbaikan hingga pembersihan saluran air yang ada di wilayah Desa Wargajaya di tengah intensitas hujan yang cukup tinggi mengguyur Bogor beberapa hari terakhir ini," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (23/9/2022).

Beberapa saluran air yang sudah dibangun ini, kata Ooy Tamami sebagiannya merupakan bantuan dari pemerintah daeran hingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor

Bahkan, pada saluran irigasi yang sedang dibangun ini nantinya juga akan melewati pemukiman warga dan pesawahan, yang di mana airnya akan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. 

Ooy Tamami menjelaskan bahwa nantinya warga juga akan mengontrol air yang ada, mulai dari air bersih hingga air bekas rumah tangga.

"Lalu hingga dibuat cadangan drainase apalagi terjadinya longsor salah satu drainase yang ada," jelasnya.

Desa Warga Jaya inj, menurutnya, memiliki kondisi tanah yang cukup labil dan berpotensi bencana alam. 

Maka dari itu, pembangunan drainase ini diharap akan menjadi solusi yang dilakukan Pemerintah Desa sebagai bentuk pencegahan.

Dari hasil perhitungan PTSL yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor, kata Ooy Tamami luas Desa Warga Jaya ini sekitar 1.500 hektar.

Ooy Tamami memaparkan bahwa terdiri dari 540 hektar di Desa Wargajaya ini merupakan persawahan, 313 hetar lainnya adalah lahan pemukiman dan sisinya pemakaman hingga perkebunan.

"Semuanya yang kita lakukan adalah mengantisipasi, serta menjaga alam, agar tetap terkendali tidak menimbulkan bencana alam akibat adanya perusakan alam tersebut," pungkasnya.

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved