Vonis Ade Yasin

Ade Yasin Masih Punya Kesempatan untuk Bebas, Banding dan Kasasi Dinilai Jadi Cara Satu-satunya

Pengamat hukum pidana menyebut bahwa langkah selanjutnya yang bisa dilakukan Ade Yasin yakni dengan mengajukan banding.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Vivi Febrianti
kolase Instagram
Pengamat hukum pidana menyebut bahwa langkah selanjutnya yang bisa dilakukan Ade Yasin yakni dengan mengajukan banding. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin di vonis empat tahun penjara dan dinyatakan bersalah oleh hakim di Pengadilan Tipikor Bandung dan atas kasus suap auditor BPK Jawa Barat, Jumat (23/9/2022).

Para pendukung dan juga tim kuasa hukum Ade Yasin sangat kecewa, lantaran vonis yang dijatuhkan hakim lebih tinggi di bandingkan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Di samping itu, Pengamat Hukum Pidana, Asmak Ul Hosnah tidak mengomentari jalannya sidang, namun, ia menerangkan bahwa dakwaan yang diberikan JPU maupun hakim, harus berdasarkan aturan yang mengaturnya.

"Dakwaan jaksa itu kan berdasarkan unsur-unsur dari aturan yang mengaturnya, dan dalam memutus pun hakim harus memperhatikan itu, apakah unsur itu terpenuhi atau tidak," kepada TribunnewsBogor.com, Sabtu (24/9/2022).

Dosen Hukum Pidana di salah satu universitas ternama di Bogor ini mengatakan, seorang hakim dalam memberikan putusan, juga harus menilai dari fakta-fakta persidangan.

"Kalau memang unsur-unsur itu terpenuhi, berdasarkan keyakinannnya, berdasarkan fakta-fakta persidangan, alat-alat bukti yang ada, hakim menjatuhkan putusan berdasarkan penilaiannya," jelasnya.

Terkait vonis empat tahun yang diberikan hakim kepada Ade Yasin, Asmak Ul Hosnah mengatakan, satu-satunya jalan yang harus ditempuh ialah mengajukan banding.

"Harus banding, kalau memang penasehat hukumnya yakin Bu Ade itu harusnya tidak mendapat pidana yang seperti itu, masih ada upaya hukum lainnya baik banding ataupun kasasi nantinya," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved