Pergeseran Tanah di Bogor

Pergerakan Tanah di Desa Bojong Koneng Berpotensi Terulang, Peneliti Sarankan Warga Keluar Dulu

PVMBG mengatakan wilayah Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor berpotensi mengalami pergerakan tanah kembali.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Peneliti Bumi Madya pada PVMBG, Agus Budianto mengatakan masih ada potensi pergerakan tanah di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor (23/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG) mengatakan wilayah Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor berpotensi mengalami pergerakan tanah kembali.

Peneliti Bumi Madya pada PVMBG, Agus Budianto menjelaskan, ketika satu lapisan batuan yang tadinya padu kemudian lepas, maka akan membentuk bidang gelincir.

"Artinya ada yang bergerak ada yang tidak, berarti bidang gelincirnya yang sudah terbentuk, ke depannya kalau kita bertempat tinggal di zona rombakan, ada potensi, karna itu jalur air, suatu waktu dia masuk ke zona glincir, zona lempung, akan bisa terbawa," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (23/9/2022).

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa memprediksikan kapan pergerakan tanah tersebut akan terjadi kembali.

"Karena dia sudah bergerak, tentunya dia jadi zona mudah bergerak dalam periode waktu tertentu nanti, tetapi kami tau begitu sudah pernah terjadi, akan berulang kembali, karena sebelumnya ada pergerakan disebelahnya," terangnya.

Meskipun saat ini kondisi di wilayah tersebut berangsur kondusif, Agus Budianto mengimbau kepada warga yang masih tinggal di pemukiman untuk selalu mewaspadai pergerakan tanah kembali.

Mengingat saat ini memasuki musim penghujan, yang dikhawatirkan lapisan tanah tidak mampu menyerap air dengan baik.

"Yang jelas warga harus melihat secara manual tanah itu bergerak atau tidak, sebelum ataupun pasca hujan, tapi lebih baik untuk sementara ini mereka keluar dari wilayah itu dulu," tandasnya.

Diwartakan sebelumnya, pergerakan tanah di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor mengakibatkan akses jalan desa sepanjang satu kilometer mengalami kerusakan.

Selain itu, belasan rumah warga pun mengalami kerusakan, hingga harus diungsikan ke tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi pergerakan tanah susulan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved