Pemkot Bogor Siapkan Langkah Jitu Kelola Kawasan Situ Gede Jadi Destinasi Wisata

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor siapkan langkah intervensi terkait potensi wisata bernilai ekonomis yang ada di Kawasan Situ Gede.

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Vivi Febrianti
Dokumentasi Grup
Pemkot Bogor saat meninjau pembangunan Kawasan Situ Gede pada Senin (26/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor siapkan langkah intervensi terkait potensi wisata bernilai ekonomis yang ada di Kawasan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Langkah intervensi itu disiapkan seiring mulai rampungnya pembangunan Infrastruktur tahap 2 Kawasan Situ Gede yang diketahui dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Jadi hari ini pak wali memastikan bahwa pembangunan infrastruktur tahap dua sudah selesai. Kondisi sudah siap dimanfaatkan oleh kita semuanya. Harapan kami memberikan efek lebih luas kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Atep Budiman saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Senin (26/9/2022).

Atep menjelaskan, langkah intervensi itu tetap melihat potensi yang ada di Kawasan Situ Gede ini.

Mulai dari ruang UMKM, kemudian serta ruang-ruang atraksi di kawasan Situ Gede itu sendiri.

"Nah, atraksi Situ Gede ini apa aja yang bisa menjadi daya jual. Di antaranya sudah eksisting ada kecil-kecilan masyarakat kan sudah menyewakan bebek-bebekan," tambahnya.

Sehingga, diharapkan Atep, masyarakat sekitaran Situ Gede tidak hanya menjadi penonton tapi dilibatkan menjadi pelaku.

"Terus, potensi lain. Semua kan ada kalau kita gali. Souvenir bambu ada kemudian makanan khas juga ada. Nanti, kita bantu coba berikan ruang bagi masyarakat sekitar," jelasnya.

Potensi-potensi yang dimiliki ini akan coba ditembuskan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diketahui memang menjadi motor pembangunan infrastruktur Kawasan Situ Gede.

Bahkan, hal ini, kata Atep, coba terus dipromosikan ketika Kawasan Situ Gede ini diresmikan pada Minggu (2/10/2022) nanti.

"Memang kan ini yang memilikinya Pemprov Jabar. Nanti tanggal 2 Oktober diresmikan langsung oleh Gubernur. Jadi, kita supporting supaya teaser pariwisatanya. Tapi, harapannya itu bisa menjadi destinasi wisata dan memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat sekitar," tandasnya (*).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved