HUT TribunnewsBogor

HUT ke-7, TribunnewsBogor.com Gaungkan Gerakan Susur Sungai Hingga Bersihkan Sampah di Kali Ciliwung

TribunnewsBogor.com melakukan susur sungai dan bincang santai bertema 'Ciliwung Milik Kita' dalam rangka menyambut hari jadinya yang ke-7.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim bersama pimpinan Tribun Bogor melakukan penaman pohon di Delta 15 Kali Ciliwung dalam rangkaian HUT TribunnewsBogor.com bertema 'Ciliwung Milik Kita', Rabu (28/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR UTARA - TribunnewsBogor.com melakukan susur sungai dan bincang santai bertema 'Ciliwung Milik Kita' dalam rangka menyambut hari jadinya yang ke-7.

Acara ini hadiri oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Deny Wismanto, Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira dan juga Relawan Komunitas Peduli Ciliwung Suparno Jumar.

Turut serta juga GM Content Tribunnews.com  Yulis Sulistyawan, dan Content Manager TribunnewsBogor Soewidia Henaldi.

Dengan mengusung slogan 'Ber7uta Karya Untuk Bangsa', dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan mampu membawa dampak perubahan positif bagi lingkungan.

Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh staff karyawan TribunnewsBogor.com yang membersihkan sampah dan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor bersama satgas dan relawan Ciliwung.

Para peserta yang hadir memunguti sampah yang berada di area Delta 15 Ciliwung tepatnya di Jalan Villa Bogor Indah 3, Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Bersih-bersh sampah di aliran Sungai Ciliwung dalam rangkaian HUT TribunnewsBogor.com ke-7 di titik Delta 15 Kali Ciliwung, Rabu (28/9/2022)
Bersih-bersh sampah di aliran Sungai Ciliwung dalam rangkaian HUT TribunnewsBogor.com ke-7 di titik Delta 15 Kali Ciliwung, Rabu (28/9/2022) (TribunnewsBogor.com/Geok Mengwan)

Selain itu, penghijauan juga dilakukan di area tersebut dengan menanam sejumlah pohon.

GM Content Tribunnews.com, Yulis Sulistyawan, mengatakan, apa yang dilakukan TribunnewsBogor.com hari ini adalah kegiatan yang jarang sekali dilakukan oleh perusahaan media untuk terjun langsung membersihkan sampah di bantaran sungai.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim bersama pimpinan Tribun Bogor melakukan penaman pohon di Delta 15 Kali Ciliwung dalam rangkaian HUT TribunnewsBogor.com bertema 'Ciliwung Milik Kita', Rabu (28/9/2022).
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim bersama pimpinan Tribun Bogor melakukan penaman pohon di Delta 15 Kali Ciliwung dalam rangkaian HUT TribunnewsBogor.com bertema 'Ciliwung Milik Kita', Rabu (28/9/2022). (TribunnewsBogor.com/Damanhuri)

Kedepannya, ia mengatakan pihaknya akan lebih aware lagi terhadap Sungai Ciliwung.

"Sungai ini adalah cerminan dari karakter warganya, artinya kalau sungai ini bersih berarti warganya tertib dan ikut membangun sungai, karena ini sumber kehidupan," ucapnya.

Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim pun memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan TribunnewsBogor.com.

Peserta susur sungai saat bersih-bersh sampah di aliran Sungai Ciliwung dalam rangkaian HUT TribunnewsBogor.com ke-7 di titik Delta 15 Kali Ciliwung, Rabu (28/9/2022)
Peserta susur sungai saat bersih-bersh sampah di aliran Sungai Ciliwung dalam rangkaian HUT TribunnewsBogor.com ke-7 di titik Delta 15 Kali Ciliwung, Rabu (28/9/2022) (TribunnewsBogor.com/Damanhuri)

Ia mengatakan, hal tersebut akan sangat berpengaruh karena saat ini Pemerintah Kota Bogor bersama PDAM Kota Bogor memanfaatkan Sungai Ciliwung sebagai sumber air baku untuk masyarakat Kota Bogor.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tribunnews yang sudah menyelenggarakan susur sungai dan bincang santai milik kita, kenapa sungai ciliwung penting, hampir 20 persen sumber air baku untuk warga berasal dari sini," ucapnya.

Selain itu, Direktur Utama Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira mengungkapkan, banyaknya sampah yang masuk ke proses filtrasinya sangat terasa dampaknya.

"Kami sangat bermasalah dengan sampah plastik itu, karena kami harus menurunkan kapasitas produksi, pada saat sampah-sampah itu memblok pengolahan air kami," ungkapnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved