Polisi Tembak Polisi

Drama 40 Hari Putri Candrawathi Tamat, Kisah Perjalanan Istri Ferdy Sambo Berakhir di Jeruji Tahanan

tersangka kasus pembunuhan Brigadir J itu sempat tak ditahan oleh aparat kepolisian meski sudah ditetapkan sebagai tersangka karena alasan kemanusiaan

Penulis: Damanhuri | Editor: khairunnisa
Kolase Tribun Bogor/Tribunnews.com
Drama Putri Candrawathi berakhir di jeruji tahanan setelah 40 hari tak ditahan dengan alasan kemanusiaan dan kesehatannya. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Drama istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi berakhir dijeruji tahanan usai Kapolri Jenderal Listyo sigit Prabowo mengumumkan melakukan penahanan kepada tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Seperti diketahui, tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J itu sempat tak ditahan oleh aparat kepolisian meski sudah ditetapkan sebagai tersangka karena alasan kemanusiaan dan kesehatannya.

Selama sekitar 40 hari, Putri Candrawathi masih bisa menghirup udara bebas sejak ditetapkan sebagai tersangka pada Jumat 19 Agustus 2022 lalu.

Penetapan status hukum ini dilakukan setelah polisi mengantongi dua alat bukti yang menunjukkan keterlibatan Putri Candrawathi dalam kematian Brigadir Yosua.

Alat bukti pertama yakni keterangan para saksi.

Kemudian, bukti elektronik berupa kamera CCTV, baik di lokasi rumah di kawasan Jalan Saguling maupun di dekat rumah dinas di Duren Tiga.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan, pasal yang dipersangkakan terhadap Putri adalah Pasal 340 subsider 338 juncto Pasal 55 Pasal 56 KUHP.

Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, Putri tak langsung ditahan karena alasan kemanusiaan.

Tak dilakukannya penahanan kepada Putri Candrawathi ini menjadi sorotan publik.

Publik menduga, istri dari mantan Kadiv Propam Polri itu mendapat pelakuan istimewa sehingga tak langsung dilakukan penahanan meski sudah bersatus tersangka.

Hingga akhirnya, Polisi resmi melakukan penahanan kepada Putri Candrawathi pada Jumat (30/9/2022) kemarin setelah sekitar 1,5 bulan bebas berkeliaran dan wajib lapor saja.

Usai diperksa kesehatannya, tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J itupun akhrinya mengenakan baju tahanan oranye bernomor 077 ketika keluar dari Gedung Awaloedin Djamin Bareskrim Polri pada Jumat kemarin.

Langkah tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuai banyak pujian setelah memutuskan menaham Putri Candrawathi.
Langkah tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuai banyak pujian setelah memutuskan menaham Putri Candrawathi. (Kolase)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, penahanan terhadap istri Ferdy Sambo ini setelah penyidik melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Putri Candrawathi.

"Hari ini saudara PC kita nyatakan, kita putuskan ditahan di rutan Mabes Polri," ujar Jenderal Sigit di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2022).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved