Bima Arya Pungut Sampah, Warga dan Anak-anak Ikut Bantu Bersihkan Sampah di Sungai Ciliwung

Aksi Wali Kota Bogor, Bima Arya di hari Kesaktian Pancasila yang turun langsung untuk membumikan pancasila dengan aksi nyata bebersih sungai

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Aksi Wali Kota Bogor, Bima Arya di hari Kesaktian Pancasila yang turun langsung untuk membumikan pancasila dengan aksi nyata bebersih sungai mendapat respon dari warga di sekitar Bantaran Sungai Ciliwung, RT 2/3, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (1/10/2022). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Aksi Wali Kota Bogor, Bima Arya di hari Kesaktian Pancasila yang turun langsung untuk membumikan pancasila dengan aksi nyata bebersih sungai mendapat respon dari warga di sekitar Bantaran Sungai Ciliwung, RT 2/3, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (1/10/2022).

Bebersih sampah di bantaran Sungai Ciliwung bersama Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jenal Mutaqin, Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Kota Bogor, Sekretaris Daerah (Sekda), Syarifah Sofiah, penggiat lingkungan, Basolia dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor dilakukan setelah pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang juga dilakukan di pinggir aliran Sungai Ciliwung

"Hari ini kenapa kita ada ditempat ini, untuk menggambarkan bahwa hari Kesaktian Pancasila ini kita sambut dengan aksi dan tindakan untuk terus membumikan Pancasila menyatukan antara kata dan tindakan kita," katanya.

Ia menegaskan tidak akan kendor untuk membuat bumi lestari untuk mengatasi persoalan kerusakan lingkungan dan terus mengedukasi warga agar menjaga lingkungan.

Kegiatan bebersih sampah ini dilakukan Bima Arya sambil membawa karung dengan menyusuri bantaran sungai dan memungut setiap sampah yang berserakan karena terbawa luapan.

Aksi itu pun menjadi perhatian warga yang berada di bantaran sungai.

Mereka yang awalnya hanya melihat dari kejauhan kemudian ikut turun untuk ikut membersihkan sampah.

Bahkan, uniknya ada seorang anak kecil yang secara sukarela ikut memunguti sampah.

Sampah yang dipungut itu pun kemudian dia masukan ke dalam karung yang dibawa oleh Bima Arya.

"Kamu namanya siapa, pinter banget sih, baik banget, jangan ke pinggir di sini aja," kata Bima Arya sambil membungkuk menatap wajah anak tersebut.

Aksi Wali Kota Bogor, Bima Arya di hari Kesaktian Pancasila yang turun langsung untuk membumikan pancasila dengan aksi nyata bebersih sungai mendapat respon dari warga di sekitar Bantaran Sungai Ciliwung, RT 2/3, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (1/10/2022).
Aksi Wali Kota Bogor, Bima Arya di hari Kesaktian Pancasila yang turun langsung untuk membumikan pancasila dengan aksi nyata bebersih sungai mendapat respon dari warga di sekitar Bantaran Sungai Ciliwung, RT 2/3, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (1/10/2022). (Istimewa/Pemkot Bogor)

Inisiatif yang dilakukan oleh anak itu kemudian mengundang anak-anak lainnya untuk ikut turun memungut sampah.

Saat sedang memungut sampah terlihat anak yang pertama kali memungut sampah tersebut menggunakan sandal orang dewasa yang ukurannya tidak pas dan berbeda antara sandal yang kanan dan kiri.

Kemudian ditengah perjalanan Wali Kota Bogor, Bima Arya pun memberikan sandal kepada anak yang pertama kali ikut turun membersihkan sampah.

Sambil duduk di sisi jalan bersebelahan dengan anak tersebut, Bima Arya memberikan sandal yang pas.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved