Talkshow Ciliwung Milik Kita

'Ciliwung Milik Kita' Jadi Jargon TribunnewsBogor Perangi Sampai Plastik, Bima Arya: Perlu Ada Aksi

'Ciliwung Milik Kita' menjadi jargon TribunnewsBogor.com untuk memerangi sampah-sampah yang saat ini masih menumpuk di aliran sungai Ciliwung

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Muhammad Naufal
Wali Kota Bogor, Bima Arya sugiarto saat berfoto bersama usai diskusi bertema Ciliwung Milik Kita di kantor TribunnewsBogor.com, Selasa (4/10/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - ' Ciliwung Milik Kita' menjadi jargon TribunnewsBogor.com untuk memerangi sampah-sampah yang saat ini masih menumpuk di aliran sungai Ciliwung, Kota Bogor.

Bahkan, tim TribunnewsBogor.com bersama bersama Komunitas Peduli Ciliwung (KCP) sempat melakukan susur sungai untuk membersihkan sampah di aliran sungai Ciliwung.

Tak hanya itu, Tribun juga melakukan riset sederhana hingga menemukan fakta jika dialiran sungai Ciliwung banyak didominasi sampah plastik.

Disisi lain, dari riset yang dilakukan, sampah- sampah plastik yang digunakan oleh masyarakat berhasil dikumpulkan dari 11 kelurahan.

11 kelurahan itu diambil 10 sampling dan jika ditotal ada 110 sampling yang berhasil dikumpulkan dengan total sampah plastik dari sampling berjumlah 1-3 Kg.

Dari hasil riset itu pun, beberapa jenis sampah plastik yang telah digunakan dan ditemukan di Sungai Ciliwung.

Dari temuan itu pun disimpulkan, masih banyak masyarakat yang tidak peduli terhadap kelestarian Sungai Ciliwung.

Sampah plastik ini pun, seringkali menjadi sumbangsih bencana banjir yang terjadi dari luapan Sungai Ciliwung.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, Pemkot Bogor terus berupaya meminamalisir sampah plastik di Kota Bogor.

"Di Bogor sebetulnya sudah punya pondasi kuat yang dilakukan sebelum kepemimpinan saya.  Ini pun terus dilakukan terutama oleh pemerintah dengan komunitas. Itu modal kita. Tapi, kita gabisa membiarkan. Setiap hari hanya mungutin sampah kalau tidak ada aksi dari lembaga ya kasihan juga," kata Bima Arya di sela-sela Talkshow dengan tema Ciliwung Milik Kita dalam rangka HUT Ke-7 TribunnewsBogor, Selasa (4/10/2022).

Bima Arya melanjutkan, upaya untuk memperkuat pondasi itu, terus dilakukan dengan upaya membentuk Satgas Naturalisasi Ciliwung.

Wali Kota Bogor, Bima Arya sugiarto saat berfoto bersama usai diskusi bertema Ciliwung Milik Kita di kantor TribunnewsBogor.com, Selasa (4/10/2022)
Wali Kota Bogor, Bima Arya sugiarto saat berfoto bersama usai diskusi bertema Ciliwung Milik Kita di kantor TribunnewsBogor.com, Selasa (4/10/2022) (TribunnewsBogor.com/Muhammad Naufal)

Pembentukan Satgas Ciliwung itu disinyalir sebagai tonggak yang sangat penting untuk mengurangi sampah plastik tersebut.

"Kita buat satgas ciliwung. Ini tonggak yang sngat penting. Nah setekah itu APBD khusus monitor itu. Untuk memastikan berkelanjutan, terkait Ciliwung termasuk sampah plastik," ungkap Bima Arya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved