Penyebab Masjid Jakarta Islamic Center Kebakaran, Diduga Pekerja Renovasi Melelehkan Aspal Gulung

Pihak Damkar mengungkapkan dugaan penyebab kebakaran di kubah Masjid Jakarta Islamic Center atau JIC pada Rabu (19/10/2022). 

Editor: Vivi Febrianti
Wartakota
Masjid Jakarta Islamic Center atau JIC di Koja, Jakarta Utara terbakar, Rabu (19/10/2022). (Warta Kota/M Rifqi Ibnumasy) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pihak Damkar mengungkapkan dugaan penyebab kebakaran di kubah Masjid Jakarta Islamic Center atau JIC pada Rabu (19/10/2022). 

Penyebab kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center itu diduga terjadi karena percikan api yang ditimbulkan dari renovasi. 

Dalam unggahan akun instagram @humasjakfire dijelaskan bahwa pada Rabu (19/10/2022) Masjid Jakarta Islamic Center tengah menjalani renovasi. 

Namun tiba-tiba Masjid JIC yang terletak di Jalan Kramat Jaya Raya, 006/001, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara itu terbakar.

Diduga kebakaran terjadi saat pekerja renovasi melelehkan aspal gulung. 

Menurut informasi yang didapat, saat pekerja bangunan yang sedang melakukan renovasi ingin memasang triplek atap kubah masjid tersebut, para pekerja melelehkan membran (aspal gulung).

Untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar. Diduga percikan dari alat bakar mengenai bahan mudah terbakar sampai timbulnya api.

Kemudian pekerja tersebut berupaya memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) namun api semakin membesar dan tak dapat dihindarkan.

Baca juga: Kesaksian Warga Koja Mengenai Terbakarnya Masjid Jakarta Islamic Center, Api Mengelilingi Kubah

Sampai pukul 18.00 WIB dilaporkan masih dilakukan proses pemadaman oleh Damkar. Total sebanyak 22 unit Damkar dari wilayah gabungan dikerahkan untuk memadamkan api. 

Terdapat 105 personel pemadam kebakaran juga sudah di lokasi kejadian untuk memadamkan api. 

Sampai pukul 18.00 WIB api berhasil dilokalisir. Pada pukul 18.20 WIB sudah masuk tahap pendinginan.

Diketahui Masjid Islamic Center Jakarta terbakar Rabu (19/10/2022) sore. 

Dalam video yang viral, Masjid Islamic Center terbakar pukul 15.24 WIB atau tepat saat waktu salat Ashar. 

Dalam video yang dibagikan, terlihat bagian kubah Masjid Islamic Center dilalap api. Akibatnya, kubah tersebut runtuh perlahan-lahan karena habis dilalap api.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Penyebab Kebakaran Masjid Islamic Center Jakarta Diduga dari Percikan Api Renovasi

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved