Presiden Jokowi Minta Stadion Kanjuruhan Dirubuhkan dan Dibangun Kembali Dengan Standar FIFA

Stadion Kanjuruhan sebagaimana arahan Presiden, itu setelah diaudit Menteri PU, kemudian itu akan dirubuhkan dan akan dibangun baru yang nanti hasilny

pssi.org
Presiden Joko Widodo (dua dari kiri) kunjungi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, sehari setelah tragedi di stadion tersebut yang menewaskan 131 orang suporter Arema FC. Ternyata stadion itu sudah tak layak pakai. Stadion Kanjuruhan rencananya akan dirubuhkan dan dibangun kembali dengan Standarisasi FIFA 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Stadion Kanjuruhan Malang rencananya akan dirombak total.

Hal tersebut merupakan buntut dari tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu, hingga menewaskan ratusan penonton.

Bahkan, Presiden Joko Widodo pun mengatakan Stadion Kanjuruhan bakal dirobohkan dan dibangun ulang dengan standar FIFA.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan nantinya Stadion Kanjuruhan bakal dibangun seperti Stadion Manahan, Solo yang dibangun dengan standarisasi FIFA.

Pembangunan dilakukan langsung oleh Kementerian PUPR dan rencana dimulai pada awal tahun 2023.

Stadion Kanjuruhan sebagaimana arahan Presiden, itu setelah diaudit Menteri PU, kemudian itu akan dirubuhkan dan akan dibangun baru yang nanti hasilnya akan standar FIFA. Minimal kalau mau lihat kira-kira seperti Manahan, itu standar FIFA,” kata Menpora Amali, Rabu (19/10/2022).

“Kapan pembangunannya, dari informasi teman-teman Kementerian PUPR, kira-kira perencanaannya dan desainnya sekitar sampai akhir tahun 2022, dan direncanakan pembangunannya akan dimulai awal 2023, jadi perkiraannya sekitar setahun,” jelasnya.

Kemudian Menpora Amali turut menjelaskan kinerja Kemenpora dalam hal transformasi atau perubahan sepakbola Indonesia menjadi lebih baik.

Hal yang dilakukan salah satunya yakni memberikan edukasi kepada suporter yang juga tertuang dalam UU keolahragaan No 11 tahun 2022.

Baca juga: Gelar Rekontruksi Tragedi Kanjuruhan, 30 Adegan Diperagakan, 7 Diantaranya Penembakan Gas Air Mata

Edukasi suporter juga sebelumnya jadi salah satu poin yang disampaikan presiden FIFA, Gianni Infantino.

“Kementerian PU akan mengerjakan bagiannya beliau, saya mengerjakan bagian saya sesuai rekomendasi TGIPF. Misal soal edukasi suporter dan sebagainya. Saya sudah mulai, saya mensosialisasikan pasal 54 dan 55 UU Keolahragaan 11 tahun 2022 dan saya minta mereka merumuskan sendiri implementasinya seperti apa, sehingga benar-benar peraturan suporter itu lahir dari mereka tapi tak boleh lari dari UU Keolahragaan,” ujar Menpora.

“Jadi sangat jelas arahan Pak presiden, apalagi kemarin Pak presiden sudah ketemu Presiden FIFA, berkomitmen memberikan bantuan mereka, dan berkantor di Indonesia untuk bantu sepak bola nasional,” paparnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Stadion Kanjuruhan Akan Dibangun Dimulai Awal Tahun 2023: Dibangun Standar FIFA

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    20
    11
    5
    4
    27
    11
    10
    38
    2
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    3
    Madura United
    20
    11
    3
    6
    26
    14
    8
    36
    4
    Persib
    18
    11
    3
    4
    31
    25
    5
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved