Liga 1 2022

Pelatih Persija Jakarta Berharap Liga 1 Kembali Bergulir Dengan Penonton

semua pihak pun berharap ada perubahan yang positif jika Liga 1 kembali digelar, tak terkecuali Pelatih Persija, Thomas Doll.

Editor: Damanhuri
Tribun Network
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll (Kanan) usai memimpin latihan di Nirwana Park, Depok, Jawa Barat, Kamis (20/10/2022) (Tribunnews.com/Alfarizy AF) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Gelaran Liga 1 2022/2023 masih belum bisa dipastikan akan kembali bergulir pasca Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di pekan ke-11, Sabtu (1/10/2022).

Persija Jakarta, menjadi satu diantara tim Liga 1 yang sedang bersiap-siap di tengah ketidakpastian tersebut.

Kendati demikian, semua pihak pun berharap ada perubahan yang positif jika Liga 1 kembali digelar, tak terkecuali Pelatih Persija, Thomas Doll.

Setelah kejadian di Malang tersebut, pelatih berusia 56 tahun itu berharap semua pihak yang hadir si stadion saat pertandingan sepak bola bisa merasa lebih aman.

"Saya ingin selalu ada suporter, karena saya merasa mereka layak mendapatkan masuk ke stadion dan menonton bola lagi, karena sudah dua tahun tanpa sepakbola karena pandemi. Jadi saya pikir semua sudah bisa normal," tutur Doll.

"Kita hanya harus memperbaiki sistem keamanan agar lebih bagus dan stadion agar semua penonton aman, semua sehat dan pulang ke rumah dengan selamat," lanjutnya.

Thomas Doll pun berharap gelaran Liga 1 tetap bergulir dengan dihadiri penonton di stadion. Menurutnya, penonton memiliki peran penting dalam sepak bola.

"Sepakbola tanpa suporter menurut saya berbeda. atmosfernya berbeda, sepakbola tanpa suporter seperti latihan. Tidak ada atmosfir (emosional), yang semua dirasakan pemain dan tim, jika mereka (suporter) yang nonton lewat televisi," ungkap Doll.

"Tapi saya memang tidak tahu apakah regulasinya nanti akan ada suporter atau tidak, tapi saya ingginya normal," katanya.

Tak hanya soal dukungan emosional, mantan pelatih Borussia Dortmund itu juga menyinggung soal suporter yang berperan penting dalan kondisi finansial klub.

Bahkan Thomas Doll pun mengaku sampai ikut ditanya olah jurnalis asing yang menanyakan nasib Liga 1 Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan.

"Karena saya merasa situasi finansial dari setiap klub terpengaruh kalau tidak ada suporter. Karena klub ada suporter yang membayar tiket (pertama), lalu sponsor juga. Jadi semua terkait satu sama lain," ucap Doll.

"Media luar dari Italia dan Jerman juga bertanya ke saya kapan liga 1 bisa dimulai lagi. Saya ingin semua kembali secepatnya dan berharap semua pemain Persija dapat bertanding lagi," harapnya.
 

(Tribunnews.com, Alfarizy AF)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved