Bogor Diterjang Longsor

Imbas Cuaca Buruk, Sejumlah Rumah di Empat Kampung di Cigombong Bogor Rusak Diterjang Longsor

Dari tiga desa tersebut diantaranya, Desa Ciadeg tepatnya di Kampung Nagrog RT 4/13, yang mengakibatkan satu unit rumah rusak ringan dan dua jiwa meng

Istimewa/Dok BPBD Kabupaten Bogor
Longsor di wilayah Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor akibat intensitas hujan yang tinggi, Senin (24/10/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIGOMBONG - Dalam sehari, tiga wilayah desa di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor diterjang longsor, Minggu (23/10/2022).

Staff Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Bogor, Jalaludin mengungkapkan, berdasarkan hasil kaji cepat yang dilakukan, longsor disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi.

Dari tiga desa tersebut diantaranya, Desa Ciadeg tepatnya di Kampung Nagrog RT 4/13, yang mengakibatkan satu unit rumah rusak ringan dan dua jiwa mengalami luka ringan.

"Hujan dengan intensitas yang tinggi menyebabkan tebing dengan ukuran tinggi lima meter panjang empat meter tergerus longsor menimpa rumah hingga mengakibatkan kerusakan," kata Jalaludin melalui keterangan tertulis, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Tinjau Kondisi Longsor di Kota Bogor, Bima Arya dan Menko PMK Bentuk Tim Bantu Penanganan

Selain itu, longsor terjadi di Desa Watesjaya di Kampung Bojong Kiharib RT 2/2 mengakibatkan satu unit rumah rusak sedang dan satu unit rumah terancam, kemudian di Kampung Cigombong RT 1/7 mengakibatkan dua unit rumah terancam.

"Akibat hujan dengan intensitas yang tinggi dan cukup lama menyebabkan tanah longsor pada beberapa titik diwilayah tersebut," terangnya.

Selanjutnya di Desa Ciburayut, Kampung Ciburayut RT 4/4, mengakibatkan Jalan Cihideung-Cigombong terdampak, satu unit kontrakan rusak ringan.

"Hujan dengan intensitas yang tinggi menyebabkan tembok penahan tanah longsor, beberapa pohon tumbang, tiang listrik roboh, sampai material longsoran menutupi jalan alternatif," tandasnya.

Jalaludin menambahkan, saat ini pohon tumbang dan material longsoran telah di evakuasi oleh masyarakat setempat, kemudian Jalan Alternatif Cihideung-Cigombong sudah kembali normal, dan kabel listrik yang terputus sudah di perbaiki oleh pihak terkait.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved