Beras Kabupaten Bogor Belum Masuk SNI, Dinas Ketahanan Pangan Genjot Kualitas Produksi

Upaya keras yang dilakukan DKP Kabupaten Bogor itu menyusul beras hasil produksi di Bumi Tegar Beriman belum berstandar nasional Indonesia (SNI).

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Yudistira Wanne
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor, Sigit Wibowo mengatakan, pihaknya sedang berusaha meningkatkan kualitas beras hasil produksi Kabupaten Bogor (19/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor berupaya meningkatkan kualitas beras hasil produksi di Kabupaten Bogor.

Upaya keras yang dilakukan DKP Kabupaten Bogor itu menyusul beras hasil produksi di Bumi Tegar Beriman belum berstandar nasional Indonesia (SNI).

"Ada beberapa perangkat yang memang kami rasa masih kurang, lantai jemur kurang representatif, penggilingannya kurang baik, meningkatkan kekeringan beras itu yang paling utama," ujar Kepala DKP Kabupaten Bogor, Sigit Wibowo beberapa waktu lalu.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menggunakan produk pengering padi atau Bed Dryer, yang akan digunakan di empat kecamatan.

"Sedang kita coba di Kecamatan Cibungbulang, Jonggol, Cariu dan Tanjungsari. Dananya dari pusat DAK," terangnya.

Selain meningkatkan kualitas beras, pihaknya juga sedang berupaya untuk meningkatkan hasil produksi beras untuk konsumsi di Kabupaten Bogor itu sendiri.

Sigit Wibowo mengatakan, saat ini beras hasil produksi di Kabupaten Bogor belum mencukupi untuk konsumsi masyarakat Kabupaten Bogor.

Meski begitu, dirinya mengakui bahwa DKP lah yang bertanggung jawab untuk itu.

"Kekuatan produksi beras kita untuk masyarakat Kabupaten Bogor itu yang katanya 6 juta orang kalau siang, kalau malem bisa nambah karena yang kerja pada pulang, kekuatan kita hanya 50 persen, sisanya dari luar," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved