Polisi Tembak Polisi

Gelagat Susi di Persidangan Mencurigakan, Elza Syarief Dapat Info Saksi Sambo Kepergok Pakai Headset

Pengacara Elza Syarief mencium adanya settingan pada kesaksian yang diberikan oleh saksi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di persidangan.

Penulis: Vivi Febrianti | Editor: khairunnisa
Kolase Instagram/Kompas TV
Pengacara Elza Syarief mencium adanya settingan pada kesaksian yang diberikan oleh saksi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di persidangan. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Pengacara Elza Syarief mengaku mendapat informasi bahwa salah satu saksi Ferdy Sambo pernah ketahuan mengenakan headset saat pemeriksaan di tingkat penyidikan.

Pun ia mencurigai penampilan Susi di persidangan yang tiba-tiba memakai hijab.

Sebelumnya, Pengamat Hukum UI Febby Mutiara Nelson menanggapi soal dugaan kebohongan yang dilakukan oleh ART Ferdy Sambo, Susi.

“Hak ingkar dalam persidangan itu sebenarnya ada di terdakwa, yang bisa berbohong itu adalah terdakwa. Kalau saksi di dalam persidangan tidak bisa berbohong karena dia sudah disumpah, dia harus bicara apa yang dia ketahui, apa yang dia alami, apa yang dia lihat,” kata Febby Mutiara Nelson dilansir dari tvOneNews, Sabtu (12/11/2022).

Ia pun mengungkap kemungkinan yang jadi alasan Susi berbohong di persidangan.

“Mungkin di sini Susi itu ada beberapa kemungkinan, pertama ada hubungan relasi kuasa, dia sampai saat ini kan masih bekerja di sana,” kata dia.

Kemudian kemungkinan kedua yakni adanya settingan yang dirancang oleh pihak Ferdy Sambo.

“Kedua, mungkin ada settingan dalam hal ini karena dilihat dari beberapa tayangan di persidangan, banyak hal-hal yang disampaikan oleh Susi tidak sesuai dengan apa yang disampaikan oleh saksi-saksi yang lainnya, padahal itu fakta,” jelasnya.

Namun dirinya justru mengatakan kalau pernyataan Susi itu sesuai dengan BAP yang ia sampaikan saat pemeriksaan di penyidikan.

“Kalau dikatakan dia berbohong tidak sesuai dengan BAP, justru dia sesuai dengan BAP, itu yang membuat jadi uniknya, harusnya apa yang dia sampaikan di persidangan itu yang sesungguhnya,” tambah dia.

Ia pun menyebut bahwa pada persidangan itu Susi terlihat menghapal BAP.

Baca juga: Ditanya Kenapa Jawab Pertanyaan Hakim dengan Kata Siap, Jawaban Susi ART Ferdy Sambo Bikin Tertawa

“Tapi ini dia sesuai dengan BAP tapi terkesan menghapal BAP, karena pada saat hakim bertanya dan belum selesai tapi dia sudah menjawab. Artinya dia sudah tahu apa yang akan dan ditanyakan. Juga ketika hakim bertanya yang tidak ada di BAP, tapi dia berpikir lama, padahal soal keseharian, harusnya tidak begitu,” tandasnya.

Dirinya pun mengatakan kalau hal itu kemungkinan dikarenakan adanya tekanan atau rasa takut.

Hal senada juga disampaikan Pengacara Elza Syarief yang menyoroti status Susi yang masih merupakan ART Ferdy Sambo.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved