Polisi Tembak Polisi

Dituding Lecehkan Putri, Brigadir J Disebut Lebih Mendekati Jadi Korban Kekerasan Seksual

Pakar Psikolog Forensik Reza Indragiri justru menduga bahwa jangan-jangan sebenarnya Brigadir J yang menjadi korban kekerasan seksual.

Penulis: Vivi Febrianti | Editor: Soewidia Henaldi
Kolase
Pakar Psikolog Forensik Reza Indragiri justru menduga bahwa jangan-jangan sebenarnya Brigadir J yang menjadi korban kekerasan seksual. 

TRIBUNNESBOGOR.COM -- Pakar Psikolog Forensik Reza Indragiri justru menduga bahwa jangan-jangan sebenarnya Brigadir J yang menjadi korban kekerasan seksual.

Hal itu, kata dia, dilihat dari pernyataan para saksi termasuk kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi soal sifat dan kepribadian Brigadir J.

Menurut dia, keterangan para saksi soal Brigadir J yang tempramental dan lainnya bisa jadi sebagai imbas dari kekerasan seksual yang dialami oleh almarhum.

Sebab kata dia, apa yang dikatakan para saksi itu mendekati prilaku para korban kekerasan seksual.

Sementara itu Putri Candrawathi yang mengaku jadi korban kekerasan seksual, justru tidak memperlihatkan dirinya sebagai korban.

Ia pun berharap dugaan Brigadir J sebagai korban kekerasan seksual ini juga harusnya bisa dilakukan penyelidikan lebih dalam.

Reza Indragiri awalnya menyinggung pernyataan para saksi soal sifat Brigadir J semasa hidup.

"Tidak hanya kepribadian ganda, kita simak kembali perkataan sejumlah saksi, mendiang Brigadir Yosua itu disebut pemarah alias tempramental, kemudian juga disebut suka dugem, suka minta dicarikan perempuan. Sehingga terkonotasi bahwa Brigadir Yosua ini punya akhlak yang sedemikan buruk terhadap lawan jenis," kata dia dilansir dari Apa Kabar Indonesia Malam di Youtube tvOneNews, Senin (14/11/2022).

Alih-alih menyudutkan Brigadir J, kata dia, tudingan itu justru mengarah bahwa almarhum merupakan korban kekerasan seksual.

"Kalau saya membayangkan, sebutan itu justru lebih lekat ke mendingan Brigadir Yosua sebagai korban kekerasan seksual, bukan pelaku kekerasan seksual," jelasnya.

Baca juga: Elza Syarif Dapat Info Saksi Sambo Pakai Headset Saat BAP, Penampilan Susi Disorot : Pakai Hijab

Ia pun kemudian membandingkan tabiat dan perilaku Brigadir J itu dengan Putri Candrawathi yang mengklaim dirinya merupakan korban kekerasan seksual.

"Sepanjang sepemahaman saya, kecil sekali kemungkinan atau bahkan mungkin tidak ada orang yang mengaku sudah mengalami kekerasan seksual lalu mengekspose ke hadapan publik, ia perkenalkan dirinya lalu dia sebut namanya," kata Reza Indragiri.

Tak hanya itu, ia juga menyoal respon Putri Candrawathi yang justru tak mau terbuka saat didatangi LPSK.

"Juga sulit diterima oleh akal saya bahwa orang yang mengklaim sebagai korban kekerasan seksual ini justru resisten ketika didatangi oleh LPSK," tambahnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved