Rudy Susmanto Apresiasi Pidato Jokowi-Prabowo di The Atlantic Council Global Food Security Forum

pemimpin dunia memang harus membangun hubungan kerjasama yang saling menguntungkan di tengah ancaman krisis global, terutama yang menyangkut soal kete

Istimewa/Dok DPRD Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menghadiri acara the Atlantic Council Global Food Security Forum di Bali 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto merespon positif pidato Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto di acara the Atlantic Council Global Food Security Forum di Bali.

Rudy Susmanto menghadiri acara yang digelar sejak 11 sampai 16 November tersebut bersama ketua dan pimpinan DPRD se-Jawa Barat.

Menurut Rudy Susmanto, pemimpin dunia memang harus membangun hubungan kerjasama yang saling menguntungkan di tengah ancaman krisis global, terutama yang menyangkut soal ketersediaan pangan.

"Selaku Presidensi Indonesia di G20 dan keketuaan Indonesia di ASEAN, Presiden Jokowi menegaskan Dunia tidak bisa dibangun dengan rivalitas dan keserakahan, tapi harus dibangun dengan toleransi dan kerja sama yang saling menghormati dan saling menguntungkan," ujar Rudy Susmanto, di sela acara the Atlantic Council Global Food Security Forum, Senin (14/11/2022).

Politisi Partai Gerindra ini berharap forum internasional tersebut bisa menghasilkan rumusan-rumusan strategis terkait sistem ketahanan pangan global yang dapat diaplikasikan di tingkat nasional hingga ke seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Baca juga: Rudy Susmanto Soroti Banyaknya Kursi Jabatan Kosong di Pemkab Bogor

"Sebagai bagian dari masyarakat dunia, kita memang tidak bisa abai terhadap krisis pangan global.  Menteri Pertahanan Indonesia Bapak Prabowo Subianto mengatakan, saat ini jutaan orang di dunia tengah menghadapi kelaparan akut sebagai akibat dari tingginya harga energi yang mendisrupsi sistem pangan," kata Rudy.

Rudy Susmanto menuturkan, Indonesia adalah salah satu negara yang beruntung, namun kita tidak bisa mengacuhkan ancaman krisis pangan global.

"Karena itu, kita memang harus melakukan aksi nyata untuk memastikan keamanan dan ketahanan pangan kita hari ini dan masa yang akan datang, agar kita bisa berperan dalam meminimalisir ancaman krisis pangan global," cetusnya.

Atlantic Council bekerja sama dengan Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation menyelenggarakan the Atlantic Council Global Food Security Forum di Bali.

Acara ini dimeriahkan oleh sambutan dari Presiden Indonesia Joko Widodo dan Menhan Prabowo Soebianto, serta penampilan beberapa musisi ternama internasional, yaitu John Legend, the US Air Force Band Pacific, dan Sandhy Sondoro.

Saat ini Indonesia tengah menjadi tuan rumah forum G20, pertemuan tingkat tinggi dan presentasi dari para pemimpin mengenai kegentingan isu dunia, salah satunya keamanan pangan.

CEO dari Atlantic Council Frederick Kempe memaparkan, penghambatan pasokan gandum oleh Vladimir Putin memberikan tekanan yang lebih besar pada masalah sistem pangan global yang selama ini terjadi di masa pandemi, dan mempercepat perubahan iklim.

Frederick juga menyampaikan rasa bangga sebab Atlantic Council dapat berkumpul di KTT G20 bersama dengan Presiden dari negara tuan rumah, pembuat kebijakan dan para pakar, serta pemain musik dunia dalam menggaungkan pembicaraan masalah keamanan pangan di G20.

"Saya berterima kasih kepada mitra kami yang telah membuat acara ini sukses," ucap Frederick.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved