Polisi Tembak Polisi

Hakim Sengaja Hadirkan Susi untuk Rugikan Putri, Kesaksian ART Ferdy Sambo Akan Merusak Saksi Lain

Pakar Psikolog Forensik Reza Indragiri menilai, majelis hakim sengaja menghadirkan saksi Susi untuk memvalidasi keterangan saksi lainnya.

Penulis: Vivi Febrianti | Editor: Vivi Febrianti
Kompas TV
Pakar Psikolog Forensik Reza Indragiri menilai, majelis hakim sengaja menghadirkan saksi Susi untuk memvalidasi keterangan saksi lainnya. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pakar Psikolog Forensik Reza Indragiri menilai, majelis hakim sengaja menghadirkan saksi Susi untuk memvalidasi keterangan saksi lainnya di sidang kasus pembunuhan Brihadir J.

Hal ini kata dia, justru akan merugikan pihak Ferdy Sambo di persidangan.

Sebelumnya, Reza Indragiri mengatakan, psikologi forensik memandang bahwa keterangan yang disampaikan berdasarkan daya ingat manusia itu adalah barang yang paling mungkin merusak proses pengekan hukum.

"Karena keterangan mengandalkan daya ingat manusia, dan daya ingat manusia berdasarkan riset disimpulkan sangat rentan mengalami fragmentasi dan distorsi," kata dia dilansir dari tayangan Ni Lu di Kompas TV, Selasa (15/11/2022).

Untuk itu, kata dia, yang dipentingkan bukan keterangan sebetulnya, bukan pengakuan sesungguhnya, tapi yang dipentingkan adalah pembuktian.

"Tetapi secara positif psikologi forensik ingin mewanti-wanti tidak usah kita berkutat menguras stamina terlalu lama untuk menggali keterangan. Apalagi kalau kita sudah bisa memandang atau menilai bahwa saksi ini tidak kredibel, tidak valid," tutur dia.

Sebab menurutnya, untuk apa berlama-lama berkutat pada menggali keterangan yang bersumber dari daya ingat manusia yang rentan sekali mengalami distorsi dan fragmentasi.

"Dalam hal ini, hakim kritis tetap perlu, tetapi kalau hakim sudah yakin bahwa saksi tidak kredibel, informasi tidak valid, tidak usah berlama-lama memeriksa dia," jelasnya.

Namun ia melihat hal lain yang dilakukan oleh majelis hakim di persidangan Ferdy Sambo.

Hal itu yakni majelis hakim meminta agar Susi selalu dihadirkan dalam persidangan.

Baca juga: Gelagat Susi di Persidangan Mencurigakan, Elza Syarief Dapat Info Saksi Sambo Kepergok Pakai Headset

"Namun uniknya dalam persidangan ini saksi Susi sudah dinyatakan tidak kredible, terlalu banyak bohong, terlalu banyak cerita settingan. Tapi majelis hakim meminta kepada JPU supaya saksi Susi dihadirkan pada sesi-sesi persidangan berikutnya," kata dia.

Ia pun menduga bahwa ini memang sengaja dilkukan oleh hakim untuk memeriksa saksi lainnya.

"Jangan-jangan hakim sengaja meminta saksi Susi hadir terus menerus untuk meruntuhkan keterangan-keterangan fabrikasi dari saksi-saksi lain," ujarnya.

Jika hal itu terjadi, menurut dia, maka akan merugikan pihak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved