Polisi Tembak Polisi

Persidangan Ferdi Sambo Ditunda, Kamaruddin Simanjuntak: KTT G20 di Bali Jauh, Tidak Ada Urgensinya

Jika ditundanya persidangan ini, kata Kamaruddin Simanjuntak dengan alasan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 seharusnya sidang tersebut tidak perlu

Youtube channel Kompas tv
Kamaruddin Simanjuntak berkali-kali ditegur hakim saat ungkap kesaksian di persidangan Bharada E, Selasa (25/10/2022). Pengacara Brigadir J itu ditegur karena memberikan kesaksian yang mendahului kesimpulan majelis hakim, Kamaruddin Simanjuntak nebfatakan bahwa persidangan tak perlu ditunda jika alasannya KTT G20 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kamaruddin Simanjuntak, kuasa hukum dari Brigadir J buka suara soal ditundanya persidangan Ferdy Sambo saat ini.

Menurutnya, ditundanya persidangan tersebut merupakan hal yang tidak lazim.

Jika ditundanya persidangan ini, kata Kamaruddin Simanjuntak dengan alasan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 seharusnya sidang tersebut tidak perlu ditunda.

Kemudian dikatakan Kamaruddin ataupun alasan evaluasi itu merupakan suatu hal yang tidak lazim.

"Sebetulnya tidak perlu ditunda kalau alasannya KTT G20 di Bali itukan jauh. Tapi alasan kedua evaluasi. Evaluasi pun tidak lazim. Sebetulnya tidak ada alasan penundaan tidak diatur dalam hukum acara," kata Kamaruddin di Kantor Ketua Komisi Kejaksaan RI, Jumat (18/11/2022).

Menurutnya sidang bisa ditunda jika alasannya kemanusiaan dan sangat genting.

Baca juga: Sarankan Ferdy Sambo Ganti Kuasa Hukum, Kamaruddin Simanjuntak: yang Bagus Kan Banyak

"Kecuali ada kegentingan yang memaksa darurat alasan kemanusiaan misalnya. Jadi penundaan ini hal yang tidak lazim," sambungnya.

Kemudian dikatakan penundaan ini membantu terdakwa Sambo dan lainnya. Kamaruddin kembali menegaskan bahwa penundaan tidak diatur dalam hukum acara.

"Pokoknya ini tidak diatur dalam hukum acara dan tidak ada urgensinya," tutupnya.

Diwartakan sebelumnya Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan menyebut pihaknya menunda sidang kasus pembunuhan berencana dan obstruction of justice dengan terdakwa Ferdy Sambo dkk. selama sepekan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Syarief Sulaeman Nahdi menegaskan bahwa penundaan tersebut dilakukan untuk evaluasi karena banyak persidangan lain yang menarik perhatian publik dan ditangani Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

"Jadi saya tegaskan lagi, penundaan ini adalah untuk evaluasi karena banyak persidangan lain juga di wilayah Jakarta Selatan," kata Syarief kepasa wartawan, Sabtu (12/11/2022).

Selain itu, dikatakan Syarief, Kejari Jaksel juga melaksanakan rapat bersama Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 11 November 2022 untuk membahas evaluasi proses persidangan dan pengamanan selama sidang berlangsung.

Mantan Kasubdit Pidana Khusus pada JAMPidsus Kejaksaan Agung itu mengatakan sidang terdakwa Ferdy Sambo yang semula akan digelar pada 14 November 2022 diundur menjadi 21 November 2022.

"Diundur jadi pekan depan sidangnya," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sidang Sambo Cs Ditunda, Kamaruddin Simanjuntak: Suatu Hal yang Tidak Lazim

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved