Gempa Bumi Cianjur

Kesaksian Warga Cianjur Lihat Tanda-tanda Tak Biasa Sebelum Gempa: Cuacanya Indah

Seorang warga bernama Riki Kurniawan, warga Kampung Pasir Sapi, Desa Suka Mulya, Cugenang, mengisahkan suasana dua hari sebelum gempa

Editor: khairunnisa
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Rumah panggung di Desa Cibereum, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur tetap berdiri kokoh usai terjadi gempa, Selasa (22/11/2022) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Seorang warga Cianjur mengurai tanda-tanda tak biasa yang ia lihat sebelum bencana gempa bumi terjadi pada Senin (21/11/2022).

Riki Kurniawan warga Kampung Pasir Sapi, Desa Suka Mulya, Cugenang, mengisahkan suasana dua hari sebelum gempa 5,6 skala richter guncang Cianjur.

Cuaca di Cianjur menurut Riki cukup indah dibandingkan hari-hari lainnya.

"Jadi dua hari sebelum kejadian cuaca itu panas tapi dingin. Cuaca indahlah bisa dibilang. Biarpun musim hujan cuaca tapi bagus," kata Riki kepada Tribunnews.com Jumat (25/11/2022).

Kemudian dikatakan Riki meski cuaca cukup indah, Dirinya juga merasakan dua kali gempa sebelum puncaknya Senin, (21/11/2022).

Baca juga: Lolos Dari Maut, Cerita Pasutri Paruh Baya Tertimbun Bangunan Selama Satu Jam Saat Gempa Cianjur

"Tapi setiap malam memang ada gempa pertama 01.30 WIB. Kemudian sehari sebelum kejadian ada lagi gempa jam 12.00 WIB cuman kecil. Mungkin puncaknya Senin 13.20 WIB," sambungnya.

Riki juga menuturkan bahwa dirinya juga telah mengetahui himbauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) untuk berhati-hati.

"Waktu itukan lihat di Instagram ada informasi dari BMKG untuk warga Cianjur harus berhati-hati. Kita alihkan aja semoga tidak ada apa-apa," ungkapnya.

Riki bercerita guncangan gempa seperti ombak. Kemudian dikatakan pohon seperti masuk keluar dari tanah.

"Kalau kata orang di kebun melihat ke bawah itu udah kaya ombak. Habis itu terlihat putih semua mungkin reruntuhan. Pohon juga kelihatannya kaya dimasukin tanah terus dikeluarin gitu," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Cerita Riki Dua Hari Sebelum Gempa 5,6 Skala Richter, Cuaca Cianjur Panas Tapi Dingin

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved