Gempa Bumi Cianjur

Hari Ini 8 Korban Longsor Cianjur Dievakuasi, 14 Jiwa Masih Belum Ditemukan, Ini Kata BNPB

Hari ini, tim gabungan berhasil menemukan lagi orang yang dinyatakan hilang, yakni sejumlah delapan orang dalam kondisi meninggal dunia.

Kolase Tribun Bogor/Warta Kota
Kisah Korban Gempa Cianjur Tidur Bareng 11 Mayat di Tenda Pengungsian, Terpal Bekas Jadi Pelindung 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Tim SAR gabungan kembali temukan jenazah korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Pada data yang diketahui, Jumat kemarin terdapat 24 orang yang dinyatakan hilang.

Tetapi dua diantaranya sudah ditemukan di sekitar Warung Sate Shinta.

4 orang korban gempa Cianjur, Jawa Barat, hingga Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB belum ditemukan.

Hari ini, tim gabungan berhasil menemukan lagi orang yang dinyatakan hilang, yakni sejumlah delapan orang dalam kondisi meninggal dunia.

“Korban hilang atau yang masih dalam pencarian, 14 jiwa, dengan rincian, 24 jiwa dikurangi 8 orang yang sudah ditemukan, dan 2 korban di Warung Sinta, yang merupakan warga Cijedil,” jelas Deputi 3 Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen Fajar Setiawan dalam konferensi pers di Pendopo Cianjur, Sabtu.

Baca juga: Belum Dapat Arahan Petugas, 50 Korban Gempa Cianjur Tidur di Atas Makam, Batu Nisan Jadi Bantal

Proses pencarian korban gempa Cianjur yang hilang ini menemui sejumlah kendala. Analisis Pencarian dan Pertolongan Basarnas Joshua Banjarnahor mengatakan bahwa salah satu kendala yang dihadapi adalah jebolnya pipa PDAM.

Air yang keluar dari pipa tersebut cukup deras, sehingga berisiko bagi tim untuk melakukan pencarian. Akhirnya, tim berupaya untuk membuat tanggul sementara agar aliran air bisa dikendalikan.

“Tadi pagi, di atas ada pipa PDAM, itu jebol. Alirannya cukup deras, jadi fokus kita beralih untuk membuat tanggul sementara karena airnya sangat berlimpah, sangat berisiko bilamana air tersebut mengarah ke rekan-rekan yang sedang melakukan pencarian,” ungkap Joshua.

Selain itu, curah hujan yang tinggi juga membuat proses pencarian korban gempa menjadi sulit. Namun demikian, Basarnas berkomitmen untuk melakukan pencarian semaksimal mungkin agar korban segera ditemukan.

“Sampai saat ini, tim Basarnas melakukan pencarian secara maksimal,” pungkas Joshua.

Per Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB, BNPB mencatat, korban meninggal gempa Cianjur sejumlah 318 orang. Selain itu, sebanyak 7.729 orang mengalami luka-luka, dengan rincian 595 orang mengalami luka berat dan 7.134 orang luka ringan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 14 Orang Korban Gempa Cianjur Belum Ditemukan, Begini Penjelasan BNPB

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved