Dukung Perpustakaan Mandiri dan Produktif, Kepala Perpusnas Berharap Literasi Membaca Terwujud

Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando mengapresiasi daerah yang berkomitmen mengembangkan perpustakaan menjadi mandiri da

Editor: Yudistira Wanne
Istimewa
Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando saat berbicara kepada awak media. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kepala Perpustakaan Nasional RI ( Perpusnas), Muhammad Syarif Bando mengapresiasi daerah yang berkomitmen mengembangkan perpustakaan menjadi mandiri dan produktif.

Hal itu yang dilakukan Pemerintah Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas menyerahkan dokumen akreditasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Tahun 2022 yang mendapatkan nilai 94,30 dengan kategori A.

Syarif Bando mengatakan hasil akreditasi merupakan bentuk nyata komitmen yang ditunjukkan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mengimplementasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2022-2024 yang disampaikan Presiden Joko Widodo terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Kami juga mengapresiasi seluruh hasil pembangunan yang telah dicapai Bapak Gubernur Bengkulu dan jajarannya. Hari ini kita berada di sebuah institusi peradaban yang akan menjadi ruang belajar terbuka. Tinggal kebijakan Bapak Gubernur bersama Bupati dan Walikota agar gedung ini tidak pernah sepi karena setiap hari dikunjungi pelajar dari seluruh tingkat pendidikan,” terangnya.

Kepala Perpusnas menyampaikan akan terus mendukung pembangunan fasilitas perpustakaan di berbagai daerah di Provinsi Bengkulu pada tahun mendatang.

Dia menambahkan, literasi adalah milik semua orang.

Literasi menurutnya, merupakan kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu objek yang pengetahuan tertentu yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi untuk memproduksi barang dan jasa yang bisa dipakai untuk memenangkan persaingan global.

“Akhir dari perang kepentingan antarbangsa adalah akan tercipta suatu pasar di mana yang akan keluar jadi pemenang adalah kalau dia jadi produsen. Dan dia akan kalah adalah dia yang hanya menjadi konsumen,” urainya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved