Gempa Bumi Cianjur

Gempa Susulan Cianjur 40 Kali Sehari, Tercatat Sudah 300 Guncangan, BMKG: Terjadi Hingga 2 Pekan

Gempa susulan dari gempa Cianjur masih terjadi di wilayah Cianjur masih terjadi dengan magnitudo terbesar 4.2 dan terkecil 1.0. Kepala BMKG Jabar

TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Proses pencarian Indri ibu muda yang sedang mengandung empat bulan di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur (22/11/2022) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Gempa bumi susulan yang melanda wilayah Cianjur, Jawa Barat terjadi sebanyak ratusan kali.

Bahkan, pada Senin (21/11/2022) lalu, gempa bumi yang terjadi di Cianjur sebesar 5,6 Magnitudo, hingga menewaskan ratusan korban jiwa.

Pasca gempa bumi besar itu terjadi, hingga saat ini terhitung sebanyak 300 kali gempa susulan.

Gempa susulan dari gempa Cianjur masih terjadi di wilayah Cianjur masih terjadi dengan magnitudo terbesar 4.2 dan terkecil 1.0.

Kepala BMKG Jabar Teguh Rahayu mengatakan, sejumlah awal sampai pukul 11.00 WIB ini tercatat sudah ada sebanyak 300 kali gempa bumi susulan.

Sejumlah gempa susulan yang terjadi itu, kata dia, dalam setiap arinya tidak sama, bahkan cenderung melemah.

Baca juga: Hendak Pesta Jadi Duka, Ini Detik-detik Calon Pengantin Tertimbun Reruntuhan Saat Gempa Cianjur

"Ketika gempa magnitudo 5.6 satu sampai dua hari itu tercatat mencapai 30 hingga 40 kali gempa susulan. Sedangkan pekan ini hanya 2-5 kali gempa susulan," ucapnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan pantaun gempa bumi susulan tersebut kekuatan gempa sudah melemah, dan frekuesinya terus mengalami penurunan.

"Kami masih terus mengestimasi kapan gempa susulan ini akan berakhir. Gempa susulan ini akan terjadi sampai energinya habis, itu baru habis. Dan diperkirakan akan tejadi hingga 1-2 minggu," ucapnya.

Selain itu, ia menambahkan, saat sejumlah petugas BMKG sudah disebar kesejumlah titik di Kabupaten Cianjur, untuk memasang sejumlah alat. Alat tersebut untuk menngetahui penyebab titik gempa.

"Pada rilis pertama kita mendugs bawah gempa ini penyebabnya sesar Cimandiri, karena itu kita memasang sejumlah alat. Alat-alat yang terpasang itu yaitu stasion risk," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Terjadi 300 Gempa Susulan di Cianjur Pascagempa M 5.6 Senin Pekan Lalu

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved