Sudah Antisipasi Dengan Imunisasi, Dinkes Klaim Kasus Polio di Kota Bogor Tidak Terdeteksi

Menurut Dinkes, tidak adanya virus polio yang tercatat di Kota Bogor sepanjang 2022 ini, lantaran Dinkes Kota Bogor menggencarkan beberapa hal. kepada

Istimewa/Pemkot Bogor
Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno dan Kepala Disdik Kota Bogor, Hanafi meninjau langsung penyuntikan sasaran anak-anak ini di SDN Kawungluwuk, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu (15/12/2021). Kadinkes Kota Bogor sebut kasus Polio di Kota Bogor tidak terditeksi dan sudah diantisipasinya dengan imunisasi 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor klaim kasus penyakit yang disebabkan oleh virus polio di Kota Bogor tidak terdeteksi.

"Saat ini, di Kota Bogor polio Alhamdulilah tidak ada kasus yang tercatat dan terindikasi," kata Kadinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Senin (28/11/2022).

Retno menjelaskan, tidak adanya virus polio yang tercatat di Kota Bogor sepanjang 2022 ini, lantaran Dinkes Kota Bogor menggencarkan beberapa hal.

Gencaran itu dilakukan, sambung Retno, kepada beberapa anak yang berusia mulai 0 bulan sampai 5 tahun.

"Kita sudah menggencarkan imunisasi polio pada balita (DPT),  Imunisasi Dasar Lengkap dan Bulan Imunisasi Anak (BIAN)," sambungnya.

Baca juga: SDN 9 Bantarjati Ambruk, DPRD Kota Bogor Minta Pemkot Maksimalkan Anggaran Untuk Perbaikan

Pihaknya pun sampai saat ini akan terus memaksimalkan langkah tersebut.

"Imunisasi DPT (Dipteri, Polio, Tetanus) untuk mencegah Polio diberikan pada bayi (< 9 bulan). Program BIAN kemarin dengan memberikan imunisasi MR (Measles/Campak- Rubela) dan DPT tanpa memandang status imunisasi pada balita usia 9 bulan sampai 5 tahun) Untuk perlindungan balita terhadap penyakit," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, saat ini di Kota Bogor sudah diatas target capaian imunisasi.

"Capaian BIAN kita sudah diatas 90 persen. Jadi, sudah melewati target itu termasuk polio. Di Kota Bogor belum ada kasus ledakan," kata Bima Arya.

Bima Arya pun menegaskan, Pemkot Bogor sudah melakukan antisipasi secara ketat perihal virus polio ini.

"Kita sudah antisipasi perihal tersebut," ungkapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved